Kompas.com - 24/11/2017, 20:00 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Melamar seorang wanita biasanya dilakukan dengan cara berlutut dan memberi cincin berlian berkilau dalam kotak beludru hitam.

Tapi, mengapa kebanyakan pria selalu berlutut saat melamar?

Sayangnya, isyarat romantis ini tak bisa dilacak dari sisi historis. Namun, ada beberapa teori yang bisa menjelaskan fenomena manis dambaan semua wanita ini.

Selama abad pertengahan, kesopanan masih dijunjung tinggi dan kencan adalah bentuk modern dari tradisi di abad pertengahan.

Sementara, berlutut adalah serangkaian prosedur dari banyak ritual seremonial dan ritus perjalanan, termasuk dalam hal romantisme.

Karya seni dan sastra abad pertengahan pun menunjukkan para ksatria yang berlutut di hadapan tuan tanah feodal sebagai tanda penghormatan dan penghargaan.

Beberapa karya seni juga menunjukkan para ksatria berlutut di depan seorang wanita bangsawan untuk mengungkapkan penghambaan abadi dan kekaguman mereka dalam "cinta kasih".

Ritual abad pertengahan tersebut bukanlah satu-satunya penjelasan yang mungkin menjadi alasan. Agama juga bisa berperan dalam konteks ini.

Banyak kepercayaan, seperti Kristen dan Islam, mengajarkan pengikut mereka berlutut dalam doa, saat mengungkapkan kesetiaan dan penghormatan abadi kepada Tuhan.

Jadi, ketika kekasih Anda berlutut dan memberi cincin, mereka tidak hanya berharap Anda akan mengatakan "iya".

Mereka juga memberi tahu bahwa Anda pantas dihormati, dihargai, dan dicintai untuk selamanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.