Kompas.com - 24/11/2017, 23:00 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Melihat seseorang menggunakan cincin di jari telunjuk kanan, Anda pasti bisa menduga bahwa dia belum menikah.

Namun, saat melihat seseorang menggunakan cincin pada jari manis-entah kanan atau kiri- pasti Anda menduga orang tersebut telah memiliki pasangan, entah tunangan atau menikah.

Asumsi ini memang terdengar sembarangan. Tapi, ternyata ada alasan historis mengapa kebanyakan orang memakai cincin kawin pada jari tersebut.

Tradisi ini berasal dari zaman Mesir kuno.

Seperti dilansir dari BBC, para arkeolog telah menemukan bukti hieroglif bahwa pengantin wanita di masa itu menggunakan cincin kawin pada jari manis sebelah kiri.

Baca juga : Koleksi Cincin Kawin Rancangan Tiga Desainer

Hieroglif adalah sistem penulisan yang digunakan di masa Mesir kuno yang dikenal sebagai hieroglifik (hieroglyphic) atau disebut pula hieroglif (hieroglyph).

Hieroglyph merupakan istilah yang pertama kali digunakan oleh orang-orang Yunani pada tahun 500 SM yang berasal dari kata ‘hieros’ yang berarti ‘suci’ dan ‘glypho’ yang berarti ‘mengukir’.

Orang Yunani menggunakan istilah ini karena mereka menggunakan huruf serupa untuk menulis teks suci mereka.

Menurut Mental Floss, orang Mesir yang pertama kali mulai memakai cincin kawin sebagai simbol keabadian, percaya ada "saraf halus" yang menyalurkan energi dari jari manis tersebut hingga ke jantung.

Jantung adalah organ untuk memompa darah dan dianggap sebagai pusat emosi manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.