Kompas.com - 25/11/2017, 13:06 WIB
keramas SHUTTERSTOCKkeramas
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Rambut merupakan mahkota perempuan yang perlu dirawat. Namun, saat merawat rambut juga dibutuhkan perhatian khusus agar hasilnya tidak merugikan kita.

Salah satunya dengan cara memilih sampo untuk keramas. Dalam memilihnya, dibutuhkan ketentuan agar rambut tidak rusak dan hasil yang diinginkan tercapai.

1.  Perhatikan jenis rambut

Untuk memilih sampo sebaiknya kenali jenis rambut kita dengan lihat masalah yang kerap dihadapi. Masalah yang biasanya timbul adalah ketombe, rambut bercabang, lepek, hingga rontok. Dengan begitu, kita bisa memilih sampo yang tepat untuk jenis rambut kita.

2.  Kenali tekstur rambut

Saat memilih sampo juga perhatikan tekstur rambut kita. Apakah termasuk lurus, keriting, tipis, atau tebal. Ketika kita memiliki rambut yang keriting jangan memilih sampo dengan kandungan volumizing.

Karena sampo dengan kandungan ini bisa membuat rambut mengembang. Sedangkan untuk rambut yang tipis boleh menggunakan sampo dengan kandungan ini karena membantu untuk terlihat tebal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca juga: Seberapa Sering Kita Seharusnya Keramas?)

3.  Lihat kandungan di dalamnya

Pada dasarnya sampo memiliki bahan dasar pembersih dan kondisioner. Hal ini dijelaskan oleh Cary O’Brien pemilik Cary O'Brien Design and Color Spa  di St Charles, Missouri, Amerika Serikat. Ia mengatakan  jika tanpa kondisioner pun kandungan sampo sudah memiliki kondisioner di dalamnya.

"Jika rambut Anda ringan, halus, atau rapuh, Anda perlu membersihkan dengan  baik. Minyak sesedikit apapun akan membuat rambut menjadi berat dan rontok. Dan, jangan terlalu banyak kondisioner, karena membuatnya mengempis," jelas O’Brien.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.