Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2017, 07:40 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Kita tidak sedang lapar, tapi itu terjadi begitu saja—di mana perut bergemuruh yang tiba-tiba muncul di tengah keheningan rapat. Entah di tengah kencan, wawancara pekerjaan atau kapan pun, sangat tak nyaman bila suara tersebut muncul.

Setidaknya suara gemuruh perut itu memiliki nama lucu. Biasanya dikenal sebagai borborygmi, gemuruh perut itu merupakan proses fisiologis normal, menurut Anish Sheth, M.D., kepala gastroenterologi University Medical Center of Princeton.

"Ketika kita belum makan, usus kita mengaktifkan fungsi ‘housekeeper’ yang menyapu sisa-sisa makanan,” katanya.

Gerakan cepat dari usus ini dikenal sebagai migrating motor complex (MMC) dan ini merupakan cara tubuh mempersiapkan usus untuk makanan selanjutnya.

Sebenarnya proses tubuh ini seperti membilas toilet. Sebuah mekanisme pembersihan tubuh yang praktis—tapi, seperti toilet, tidak akan senyap.

Meskipun kita mengaitkan suara itu dengan rasa lapar, namun itu tak melulu yang terjadi, kata Sheth. Sebaliknya, kita mungkin menemukan hal itu sering terjadi saat momen canggung, rapat padat hingga sore hari, sesaat setelah makan, tapi tak lama mulai muncul rasa lapar lagi.

Untungnya, ada cara mudah untuk mengatasinya. Seth menyarankan untuk mengasup camilan sehat. Dengan memakan beberapa gigitan, maka akan segera menghentikan suara gemuruh di perut. Minum air atau cairan lain juga bisa meredakan, namun tak secepat makanan.

Lantas, apa yang sama sekali tak bekerja? Menahan nafas—yang seringkali bagian dari naluri untuk meredam suara tersebut. Malahan hal itu bisa memperburuk keadaan, sebab memaksa udara lebih banyak mengalir ke bawah.

Solusi lebih baik lain adalah jika seseorang memiliki riwayat perut bergemuruh, pastikan menyimpan makanan ringan di tas, khususnya beberapa jam sebelum jadwal makan selanjutnya.

Selain itu, meskipun borborygmi tidak berbahaya, perhatikan apakah disertai dengan perubahan pencernaan, saran Sheth. Contohnya, jika suara gemuruh itu muncul berbarengan dengan mulas, mual, gas berlebih, konstipasi atau diare dan perubahan tersebut terjadi selama beberapa pekan, segera pergi ke dokter untuk diperiksa.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com