Kompas.com - 28/11/2017, 16:20 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi anemia atau kekurangan sel darah merah pada anak seringkali tidak disadari oleh orangtua. Kondisi itu sering dianggap remeh, padahal dampaknya bisa jangka panjang, bahkan memengaruhi kecerdasan anak.

Menurut Jansen Ongko, konsultan nutrisi dan pendiri Lagizi Health & Nutrition Services, salah satu dampak jangka panjang anemia adalah kurang gizi. Sebab, sel darah merah yang bertugas mendistribusikan zat gizi hingga mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh tidak bekerja dengan baik.

“Kalau kita umpamakan (sel darah merah) itu alat transportasi, kalau alat transportasi tidak cukup, maka tidak akan terdistribusikan dengan baik,” kata Jansen dalam acara peluncuran minuman rasa jeruk dan mangga yang dilengkapi gizi, Minute Maid Nutriforce di Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2017).

Pada anak, dampak jangka panjang terutama pada pertumbuhan dan perkembangan, termasuk rendahnya sistem kekebalan tubuh. Kemudian juga menganggu pertumbuhan organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hingga saluran pernapasan.

Selain itu juga ada gangguan perilaku seperti anak menjadi mudah murung. Lalu masalah pada perkembangan otak, seperti impuls saraf terganggu, gangguan konsentrasi dan daya ingat rendah. “Anemia pada anak lebih berbahaya,” kata Jansen.

Adapun untuk mendeteksi anemia pada anak perlu dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Namun terdapat beberapa gejala yang perlu diwaspadai, seperti anak cepat lemas, lelah, lesu, sesak nafas, selera makan dan imunitas menurun hingga perilaku makan tidak biasa.

Bila terjadi gejala demikian, Jansen menyarankan untuk segera konsultasi ke ahli gizi atau dokter untuk bisa diketahui penyebab serta solusinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.