Kompas.com - 29/11/2017, 09:26 WIB
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekal makan anak sekolah memiliki manfaat besar. Selain  memastikan anak tidak merasa lapar, juga berguna agar si kecil mendapat asupan nutrisi yang benar. Manfaat itu tak lain karena kondisi anak di usia sekolah berbeda dengan anak di usia pra-sekolah.

Psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli mengungkapkan, anak di usia sekolah berorientasi pada tuntutan tugas dan akademis. Selain itu kegiatan mereka lebih fokus pada pertemanan serta aktivitas fisik seperti bermain dan berolahraga.

Selain itu, gaya hidup di kota besar yang serba terburu-buru, membuat anak seringkali tidak mendapat sarapan yang baik. Orangtua yang tidak sempat memasak dan mengejar waktu agar tidak terlambat menjadi sebabnya.

"Akhirnya, mereka akan datang ke sekolah tanpa sarapan. Mereka makan apa di sekolah? Pasti akan di luar pantauan, yang akhirnya mengonsumsi makan makanan tidak sehat," kata Vera saat peluncuran minuman Minute Maid Nutriforce di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Oleh karena itu, bekal adalah salah satu alternatif untuk memastikan anak tetap bisa sarapan. Tentunya, bekal yang dibawakan harus bergizi.

Adapun asupan makanan dengan nutrisi seimbang penting untuk anak, terutama pada sisi psikologis. Bila tidak bernutrisi, akan berdampak pada penurunan energi saat anak di sekolah dalam memenuhi tuntutan aktivitas fisik seperti olahraga. Fungsi kognitif anak pun terganggu: Telat berpikir hingga belajar lebih lama yang akhirnya performa akademis rendah.

“Hormon stres pun juga makin tinggi,” kata Vera.

Baca juga : 5 Resep yang Membuat Anak Ketagihan Bawa Bekal dari Rumah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.