Kompas.com - 29/11/2017, 14:30 WIB
Ilustrasi olahraga di gym UberImagesIlustrasi olahraga di gym
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Saat berolahraga di gym, sudah pasti kita akan saling bergantian untuk menggunakan peralatan fitness. Karena itu pula, menurut studi terbaru Fitrated, peralatan di gym menyimpan lebih banyak bakteri dibandingkan kursi toilet. Bahkan, lantai di gym merupakan tempat paling baik untuk kuman berkembang biak.

Berdasarkan studi tersebut, alat treadmill, sepeda statis, serta area angkat beban—semuanya penuh dengan kuman—rata-rata lebih dari satu juta per inci persegi.

Studi ini mengumpulkan sampel dari 27 peralatan berbeda di tiga gym untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa banyak kuman yang dapat ditemukan oleh pengunjung gym pada beberapa peralatan mereka.

Kabar buruknya, kuman yang mungkin ditemui saat berolahraga di gym adalah jenis yang bisa menyebabkan berbagai penyakit dan bahkan infeksi kulit.

Bakteri yang paling banyak ditemukan di semua peralatan adalah cocci gram-positif, yang dapat menyebabkan pneumonia dan septikemia.

Baca juga : Bentuk Otot Sekaligus Kurangi Stres, Lakukan Ini di Gym

Ilustrasi olahraga di gymshironosov Ilustrasi olahraga di gym
Sampel yang diambil dari sepeda statis serta peralatan angkat beban juga mendapati Bacillus—penyebab potensial dari infeksi telinga, mata, dan pernapasan.

Yang mengejutkan, area angkat beban ternyata mengandung 362 kali lebih banyak kuman daripada toilet, sementara treadmill cenderung mengumpulkan bakteri sebanyak 74 kali daripada rata-rata keran kamar mandi umum.

Sementara itu, sepeda latihan ternyata memiliki bakteri 39 kali lebih banyak daripada rata-rata food court.

Meskipun selalu dibersihkan, sebuah penelitian yang diterbitkan di Clinical Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa 63 persen peralatan olahraga masih membawa bekas rhinovirus yang menyebabkan flu.

Baca juga : Yang Harus Diperhatikan Sebelum Olahraga di Gym

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.