Kompas.com - 02/12/2017, 06:53 WIB
Ilustrasi pasangan jatuh cinta ViewApartIlustrasi pasangan jatuh cinta
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Jangan meremehkan pentingnya bahasa tubuh. Beberapa hal sederhana seperti tersenyum, adalah contoh bahasa tubuh yang cukup mudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Akan tetapi ada beberapa bahasa tubuh lainnya -yang meski terdengar mudah- tapi, ternyata  sulit untuk dipraktikkan. Padahal hal-hal itu akan membuat perbedaan besar dalam hidup dan relasi kita dengan orang lain.

Berikut adalah enam bahasa tubuh yang dapat membuat perbedaan dalam hidup kita.

1. Menjadi cermin lawan bicara

Mirroring atau menyelaraskan tubuh dan ekspresi wajah seperti orang yang kita ajak bicara menunjukkan bahwa kita menaruh perhatian pada mereka. Hal ini seringkali terjadi tanpa kita sadari bila kita terlibat pembicaraan yang menarik dengan seseorang. Namun bila pembicaraan membosankan, maka tanpa sadar bahasa tubuh kita menjadi tidak selaras dengan lawan bicara.

Rosemary Haefner, Kepala staf HRD di CareerBuilder mengatakan bahwa cara termudah untuk menyelaraskan ekspresi adalah dengan menatap mata seseorang saat berbicara. Ini menunjukkan penghargaan dan perhatian.

Sulit memang melakukan ini tanpa terlihat seperti meniru atau mengejek seseorang, apalagi bila kita memang tidak tertarik. Tapi, ini merupakan cara yang bagus jika kita ingin memberi kesan yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Berjalan dengan tujuan dan energi

Ilustrasi pria dan wanitaPurestock Ilustrasi pria dan wanita
Tidak semua orang berjalan dengan tegak dan percaya diri. Beberapa dari kita seringkali berjalan dengan canggung dan kikuk, atau lesu. Dan sulit memang mengubah cara kita berjalan.

Menurut Scientific American jika kita bisa mengubah cara kita berjalan menjadi lebih bersemangat, ini akan membuat orang menilai kita lebih menarik, bergairah, dan percaya diri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.