Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2017, 06:53 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Jangan meremehkan pentingnya bahasa tubuh. Beberapa hal sederhana seperti tersenyum, adalah contoh bahasa tubuh yang cukup mudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Akan tetapi ada beberapa bahasa tubuh lainnya -yang meski terdengar mudah- tapi, ternyata  sulit untuk dipraktikkan. Padahal hal-hal itu akan membuat perbedaan besar dalam hidup dan relasi kita dengan orang lain.

Berikut adalah enam bahasa tubuh yang dapat membuat perbedaan dalam hidup kita.

1. Menjadi cermin lawan bicara

Mirroring atau menyelaraskan tubuh dan ekspresi wajah seperti orang yang kita ajak bicara menunjukkan bahwa kita menaruh perhatian pada mereka. Hal ini seringkali terjadi tanpa kita sadari bila kita terlibat pembicaraan yang menarik dengan seseorang. Namun bila pembicaraan membosankan, maka tanpa sadar bahasa tubuh kita menjadi tidak selaras dengan lawan bicara.

Rosemary Haefner, Kepala staf HRD di CareerBuilder mengatakan bahwa cara termudah untuk menyelaraskan ekspresi adalah dengan menatap mata seseorang saat berbicara. Ini menunjukkan penghargaan dan perhatian.

Sulit memang melakukan ini tanpa terlihat seperti meniru atau mengejek seseorang, apalagi bila kita memang tidak tertarik. Tapi, ini merupakan cara yang bagus jika kita ingin memberi kesan yang baik.

2. Berjalan dengan tujuan dan energi

Ilustrasi pria dan wanitaPurestock Ilustrasi pria dan wanita
Tidak semua orang berjalan dengan tegak dan percaya diri. Beberapa dari kita seringkali berjalan dengan canggung dan kikuk, atau lesu. Dan sulit memang mengubah cara kita berjalan.

Menurut Scientific American jika kita bisa mengubah cara kita berjalan menjadi lebih bersemangat, ini akan membuat orang menilai kita lebih menarik, bergairah, dan percaya diri. 

3. Pertahankan kontak mata

Mata adalah jendela jiwa. Orang-orang dengan tatapan goyah sering tampil sebagai orang yang cemas, terganggu, atau tidak jujur. Dan sulit untuk menguasai keterampilan menjaga kontak mata, karena ini adalah hal yang sangat tidak nyaman dan tidak wajar bagi sebagian orang.

Tapi, mempraktikkan hal ini mampu membantu hidup Anda. Ada beberapa teknik sederhana untuk menjaga kontak mata agar berjalan lebih baik.

Penulis dan pakar komunikasi Leil Lowndes menyarankan agar kita "berpura-pura" terpaku pada lawan bicara dengan menggunakan tatapan yang hangat dan lekat.

Begitu Anda menguasai trik ini, keahlian Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain akan segera meningkat.

Baca juga : Apa yang Dipikirkan Wanita Saat Kontak Mata dengan Pria?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com