Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2017, 22:53 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah mengumumkan kabar pertunangannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menikah enam bulan setelahnya, tepatnya bulan Mei. Keputusan ini memang terkesan buru-buru dan emosional.

Menurut pengamat kerajaan, Kate Nicholl, sang pangeran ingin memastikan kakeknya, Pangeran Philip, bisa menghadiri pesta pernikahannya.

Salah satu alasan mengapa Pangeran Harry menginginkan pernikahan ini terjadi cukup cepat-meskipun menurut standar kerajaan ini seperti "angin puyuh"-adalah karena usia kakeknya yang telah mencapai 96 tahun.

"Duke of Edinburgh ini sudah tua dan Pangeran Harry benar-benar menginginkannya berada di pesta pernikahannya nanti," ucap Nicholl.

"Dia sangat dekat dengan kakeknya. Oleh karena itu, Harry menganggap sebaiknya pernikahan dilaksanakan lebih cepat, jadi kakeknya bisa berada di sana dalam keadaan bugar dan sehat, " tambahnya.

Harry dan Meghan Markle akan menikah di Kapel St. George di Kastil Windsor, tempat Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip tinggal selama beberapa tahun. Lokasi upacara tersebut juga dikabarkan dipengaruhi oleh kesehatan kakeknya.

"Dia tidak ingin menikah di tempat yang sama dengan saudaranya," kata Nicholl.

Nicholl juga mengatakan bahwa Pangeran Harry tidak ingin menggelar pernikahan seperti bangsawan besar di Westminster Abbey, tempat Pangeran William dan Kate Middleton menikah.

Harry benar-benar ingin memiliki sesuatu yang lebih pribadi. Alasan kedua adalah dia menginginkan sesuatu yang dekat dengan rumah Duke of Edinburgh dan Sang Ratu.

Pasangan ini dikabarkan tertarik untuk memiliki pernikahan yang lebih kecil dan lebih pribadi.

Nicholl juga menambahkan bahwa pernikahan tersebut rencananya akan mengundang 800 tamu. Ini merupakan kecil untuk ukuran kerajaan Inggris.

"Kastil Windsor juga tempat yang sangat istimewa bagi Pangeran Harry. Dia menghabiskan banyak masa kecil di sana, pergi ke sekolah di sana. Di tempat itu, dia juga menghabiskan banyak waktu sebagai orang dewasa dengan neneknya," tambahnya.

Nicholl juga menceritakan bahwa Kastil Windsor adalah tempat dimana pertama kali Meghan bertemu dengan Sang Ratu.

"Jadi, saya pikir ini adalah tempat istimewa bagi mereka berdua," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com