Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2017, 06:09 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda baru saya putus Cinta. Atau mungkin, merasa stres dengan pekerjaan.Anda merasa seperti sedang mengalami 'kemerosotan' total.

Apapaun masalahnya, Anda pasti berharap ada sebuah suplemen ajaib yang bisa memperbaiki mood?

Anda tidak perlu suplemen tersebut. Tubuh Anda telah memilikinya. Yah, tubuh Anda mengandung serotonin, bahan kimia yang secara alami dirancang dalam tubuh Anda.

Hormon ini dirancang untuk membantu Anda dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup. Serotonin adalah neurotransmitter yang ada di otak dan usus, dan terkait dengan kesehatan mental.

Hormon ini juga berfungsi untuk membantu mengatur tidur, nafsu makan, dan mood. Menurut Harvard Medical School, beberapa orang yang menderita depresi mungkin memiliki kadar serotonin yang terlalu rendah.

Inilah mengapa inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI), yang meningkatkan kadar serotonin di otak, merupakan andalan dalam pengobatan depresi.

Anda dapat meningkatkan kadar serotonin secara alami untuk membantu menjaga kesehatan mental. Inilah 5 tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kadar serotonin secara alami.

1. Olahraga

Ilustrasi olahraga bersamag-stockstudio Ilustrasi olahraga bersama
Kita semua pernah mendengar bahwa olahraga memberi Anda endorfin, dan endorfin membuat bahagia.Saat berolahraga, tubuh melepaskan lonjakan bahan kimia saraf, termasuk serotonin dan dopamin.

Hormon tersebut dirancang untuk mengatasi rasa sakit pada otot Anda. Selain itu, hormon ini juga menghubungkan Anda dengan gerakan yang sangat dibutuhkan tubuh.

Tidak perlu berolahraga terlalu lama untuk memicu hormon ini. Menurut peneliti dari University of Vermont, olahraga 20 menit dapat memperbaiki suasana hati hingga 12 jam.

Simon Young, Ph.D., seorang psikolog penelitian di McGill University in Canada, merekomendasikan kita agar melakukan jenis olahraga yang benar-benar kita nikmati. Lagi pula, jika Anda tidak menyukai olahraga yang Anda lakukan, seberapa besar hal itu akan memperbaiki mood Anda?

2. Pijat

Fasilitas pijat dan spa di Vila MesaStila, Magelang, Jawa Tengah, Senin (13/10/2014). Hammam Spa menjadi ciri khas pijat dan spa yang bisa dinikmati pengunjung di vila tersebut.KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Fasilitas pijat dan spa di Vila MesaStila, Magelang, Jawa Tengah, Senin (13/10/2014). Hammam Spa menjadi ciri khas pijat dan spa yang bisa dinikmati pengunjung di vila tersebut.
Peneliti University of Miami School of Medicine menemukan bahwa pijat dapat mengatasi kecemasan dan depresi secara efektif. Setelah meninjau lebih dari 12 penelitian tentang terapi pijat, mereka menyimpulkan bahwa terapi ini mempengaruhi biokimia tubuh.

Inilah yang membuat terapi pijat efektif mengurangi depresi dan kecemasan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com