5 Cara Tingkatkan Serotonin, Hormon yang Mencegah Depresi

Kompas.com - 03/12/2017, 06:09 WIB
Ilustrasi Pop SugarIlustrasi

KOMPAS.com - Anda baru saya putus Cinta. Atau mungkin, merasa stres dengan pekerjaan.Anda merasa seperti sedang mengalami 'kemerosotan' total.

Apapaun masalahnya, Anda pasti berharap ada sebuah suplemen ajaib yang bisa memperbaiki mood?

Anda tidak perlu suplemen tersebut. Tubuh Anda telah memilikinya. Yah, tubuh Anda mengandung serotonin, bahan kimia yang secara alami dirancang dalam tubuh Anda.

Hormon ini dirancang untuk membantu Anda dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup. Serotonin adalah neurotransmitter yang ada di otak dan usus, dan terkait dengan kesehatan mental.

Hormon ini juga berfungsi untuk membantu mengatur tidur, nafsu makan, dan mood. Menurut Harvard Medical School, beberapa orang yang menderita depresi mungkin memiliki kadar serotonin yang terlalu rendah.

Inilah mengapa inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI), yang meningkatkan kadar serotonin di otak, merupakan andalan dalam pengobatan depresi.

Anda dapat meningkatkan kadar serotonin secara alami untuk membantu menjaga kesehatan mental. Inilah 5 tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kadar serotonin secara alami.

1. Olahraga

Ilustrasi olahraga bersamag-stockstudio Ilustrasi olahraga bersama
Kita semua pernah mendengar bahwa olahraga memberi Anda endorfin, dan endorfin membuat bahagia.Saat berolahraga, tubuh melepaskan lonjakan bahan kimia saraf, termasuk serotonin dan dopamin.

Hormon tersebut dirancang untuk mengatasi rasa sakit pada otot Anda. Selain itu, hormon ini juga menghubungkan Anda dengan gerakan yang sangat dibutuhkan tubuh.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X