Kompas.com - 04/12/2017, 22:43 WIB
Pria juga memerlukan perawatan wajah AndreyPopovPria juga memerlukan perawatan wajah
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Di zaman modern ini, perawatan tubuh telah menjadi hal yang diperlukan oleh pria. Kaum pria tidak lagi merasa malu berdandan demi penampilan yang sempurna.

Potongan rambut yang rapi dan kulit yang bersih telah menjadi kebutuhan pria modern. Dan ini adalah kemajuan.

Tapi, kemajuan beda dengan kelewatan. Tampil keren tidak seharusnya membuat Anda menjadi maniak dan kecanduan merawat tubuh.

Inilah tanda-tanda bahwa Anda telah "berlebihan" melakukan perawatan tubuh, karena justru membuat Anda kehilangan sisi maskulinitas.

1. Mengalahkan hal-hal lain dalam hidup

Merawat tubuh memang suplemen penting untuk gaya hidup masa kini. Tapi, bukan berarti  menjadi hal utama. Jangan sampai Anda melupakan orang-orang di sekitar hanya demi merawat tubuh.

Kegiatan seperti menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kita sayangi, berolahraga, atau bekerja dengan gembira, jangan sampai tersisihkan hanya untuk mendapatkan kulit semulus porselen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berusaha untuk menyingkirkan kulit berminyak atau jerawat bukanlah masalah. Namun bila Anda sampai terlambat kerja gara-gara kehabisan pelembab atau karena hair dryer rusak, bisa jadi itu pertanda "kecanduan".

2. Berdandan lebih lama dari pasangan

Merawat diri memang tidak sederhana. Tapi, menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukannya dibanding pasangan adalah pertanda bahwa Anda sedang terjebak dalam rutinitas itu.

Halaman:


Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.