Kompas.com - 05/12/2017, 10:00 WIB
. THINKSTOCK.
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com — Pasak bumi yang memiliki nama latin Eurycoma longifolia telah dikenal sebagai simbol ego dan kekuatan pria karena dapat meningkatkan kejantanan dan kesehatan secara umum.

Tanaman ini banyak tumbuh di pedalaman Kalimantan.

Sejak lama tumbuhan ini dimanfaatkan penduduk setempat sebagai pengobatan alami untuk berbagai penyakit, seperti sebagai antimalaria, antipiretik (mengurangi demam), dan afrodisiak.

Afrodisiak adalah zat kimia yang digunakan untuk merangsang daya seksual. Kata ini berasal dari mitologi Yunani dan dikaitkan dengan sang dewi cinta Aphrodite.

Mekanisme afrodisiak terbagi tiga, yaitu meningkatkan dan memperbaiki kualitas sperma, meningkatkan gairah seksual, dan melancarkan peredaran darah ke penis (meningkatkan durasi ereksi).

Baca juga: Priaprisme, Kelainan Penis hingga Ereksi Berjam-jam

Telah banyak penelitian yang mengungkap khasiat pasak bumi dalam meningkatkan kinerja seksual, termasuk peningkatan serum konsentrasi testoteron.

Seiring bertambahnya usia, pria cenderung mengalami kondisi yang berkaitan dengan berkurangnya produksi testosteron yang disebut andropause hingga menyebabkan sejumlah masalah serius.

Kondisi yang terkait dengan andropause antara lain kurangnya libido, berkurangnya tingkat energi, peningkatan lemak tubuh, dan kelelahan mental.

Terapi penggantian testosteron merupakan pilihan bagi banyak pria, tetapi sangat mahal dan juga berisiko terkena efek samping.

Hal ini membuat pria mencari alternatif dari alam, dan pasak bumi adalah salah satunya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Meetdoctor
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.