Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rancangan Terbaru Ian Adrian Mengolah Batik Tangsel

Kompas.com - 07/12/2017, 10:32 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Desainer Ian Adrian memiliki cukup pengalaman dalam mengolah berbagai wastra tradisional Indonesia. Misalnya tenun Bali dan Lombok, juga kain Sasirangan. Dalam rancangan terbarunya, ia mengangkat batik Tangerang Selatan (Tangsel).

Batik Tangsel memang baru dikembangkan beberapa tahun terakhir. Motif batik ini memiliki ciri khusus antara lain motif Anggrek corak, golok, serta rumah Blandongan yang menjadi lambang kota Tangerang Selatan.

Ian mengolah batik tersebut menjadi 76 set busana ready to wear dengan desain yang feminin. Selain itu, ia juga membuat gaun panjang berpotongan longgar yang cocok dikenakan wanita berhijab.

"Saya sedang mendapat amanat dan kepercayaan dari Pemerintah Kota Tangsel untuk mengeksplorasi batiknya," kata Ian dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Fashion show yang menampilkan batik Tangsel.Dok Ian Adrian Fashion show yang menampilkan batik Tangsel.

Ian berharap akan terus bermunculan batik dari seluruh Nusantara dengan motif dan ciri khas masing-masing daerah.

Menurut Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, pemerintah akan melakukan kegiatan pelatihan dan keterampilan kepada UKM yang dilakukan oleh mentor profesional untuk mengembangkan batik Tangsel.

“Ada sekitar 100 UKM yang diberikan pelatihan berkaitan dengan wirausaha batik termasuk dalam pemasaran hasil produksi batiknya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com