Makanan yang Membuat Umur Panjang - Kompas.com

Makanan yang Membuat Umur Panjang

Kompas.com - 07/12/2017, 11:10 WIB
Ilustrasi sayuranpada smith Ilustrasi sayuran

KOMPAS.com - Para peneliti mengungkapkan bagaimana cara seseorang makan berpengaruh pada panjang pendeknya umur kita. Beruntung di dunia ini terdapat ribuan bahan pangan enak dan bernutrisi yang memang dibutuhkan tubuh.

Setiap bahan pangan mengandung nutrisi tertentu, namun untuk mendapatkan semua yang dibutuhkan tubuh, kita perlu mengonsumsi beragam jenis bahan pangan. Masukan makanan dan minuman ini dalam menu makan Anda untuk mendapatkan menfaat anti-penuaan:

1. Sayuran
Sayur-mayur seperti brokoli, pok coy dan kol merah dapat membantu menghindari kanker.

2. Air putih
Apa yang Anda minum juga penting. Tetap terhidrasi dengan air dapat merendahkan risiko pembekuan darah dan meningkatkan energi

3. Berries
Buah-buahan dalam keluarga Berries, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry, semuanya adalah sumber antioksidan. Antioksidan dapat membantu mencegah penyakit dan kerusakan sel.

4. Tomat
Tomat merupakan sumber baik untuk likopen yang bisa berfungsi mencegah kanker.

5. Sayuran hijau
Mengonsumsi sayuran hijau setiap hari membantu Anda hidup lebih panjang.

6. Kopi
Kopi dapat menurunkan risiko Alzeimer dan parkinson, juga telah dikaitkan dengan hidup lebih panjang.

7. Teh hijau
Bukan hanya membantu bakar kalori, ruitn minum teh hijau dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Ilustrasi wineThinkstockphotos.com Ilustrasi wine

8. Makanan kaya probiotik
Probiotik adalah baketeri baik, juga dikaitkan dengan imunitas baik dan kesehatan usus. Probiotik dapat ditemukan di yogurt, kimchi, atau kefir.

9. Ikan
Penelitian menunjukan centenarians (orang yang berusia 100 tahun atau lebih) jarang makan daging dan lebih banyak makan ikan. Setidaknya mereka mengonsumsi 2 atau 3 porsi ikan setiap pekan. Cobalah salmon, teri, atau kembung yang kaya akan kandungan lemak omega 3--dan cukup sehat untuk jantung.

10. Kacang-kacangan
Orang yang paling berumur panjang kebanyakan makan kacang-kacangan. Dan kacang-kacangan adaalah pilihan baik untuk protein nabati. Kacang-kacangan tinggi serat, rendah lemak dan berisi nutrisi.

11. Gandum
Serat baik untuk kesehatan usus dan dapat melindungi dari kanker serta penyakit jantung Makanan tinggi serat seperti gandum utuh dapat menurunkan risiko fatal karena penyebab apa pun.

12. Red wine
Jika Anda ingin minum alkohol, pastikan red wine, karena kandungan antioksidannya bisa membantu menurunkan risiko penyakit, termasuk penyakit jantung. Menikmati segelas red wine dapat menghilangkan stres.


EditorLusia Kus Anna
SumberUSA Today
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X