Kompas.com - 07/12/2017, 17:15 WIB
Ilustrasi tulang kuat WavebreakmediaIlustrasi tulang kuat
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com – Kurang mengasup susu dan sumber kalsium lain ternyata bukan satu-satunya penyebab osteoporosis. Menurut penelitian terbaru, polusi udara juga punya andil meningkatkan risiko pengeroposan dan patah tulang.

Peneliti mempelajari data dari dua riset. Yang pertama dengan menganalisa kasus-kasus pengeroposan tulang dari 9,2 juta pasien di AS selama delapan tahun. Kedua, melihat tingkat hormon paratiroid, yang membantu kesehatan tulang, pada 692 pria paruh baya dengan kategori penghasilan menengah ke bawah di Boston.

Penelitian yang dipublikasikan di Lancet Planetary Health menemukan bahwa risiko patah tulang di antara orang-orang berusia di atas 65 meningkat seiring dengan tingkat polusi udara—khususnya, dari partikel lebih kecil dari 2,5 mikrometer, atau PM 2.5.

Kenaikan risiko hampir 5 persen terjadi di daerah dengan konsentrasi PM 2.5 tertinggi dibandingkan dengan yang terendah.

Baca juga : Apakah Tulang Anda Kuat? Begini Cara Mengetahuinya

Studi pada pria paruh baya tersebut juga menemukan bahwa orang yang tinggal di lokasi dengan tingkat polusi udara yang tinggi memiliki konsentrasi hormon paratiroid dan tingkat kepadatan mineral tulang yang lebih rendah.

“Polusi udara ini seperti rokok yang diencerkan,” kata penulis, Andrea A. Baccarelli, seorang profesor kedokteran lingkungan di Columbia University Mailman School of Public Health.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Merokok menyebabkan kanker, penyakit kardiovaskular dan kehilangan kepadatan mineral tulang. Begitu pula polusi udara. Bahkan pada tingkat polusi yang diterima oleh The Environmental Protection Agency, masih ada risiko peningkatan (osteoporosis).”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
YOUR-DAILY-SKINCARE
4 Hal Ini Bisa Bikin Bibir Mudah Kering, Termasuk Pasta Gigi!
4 Hal Ini Bisa Bikin Bibir...
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.