Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2017, 23:35 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada ragam cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Ada yang bilang bahwa mengonsumsi makanan tertentu seperti yogurt bisa menurunkan berat badan. Apakah benar?

Ahli gizi Emilia Achmadi mengatakan yogurt seringkali disebut sebagai makanan sempurna. Sebab, hasil fermentasi susu ini memiliki kandungan gizi yang baik, dari lemak hingg protein, namun kalorinya rendah.

"Jadi kalau sebagai 'meal replacement' (pengganti makanan) bisa memberikan kepuasan makan yang sama, tapi dengan kalori lebih rendah," kata Emilia dalam peluncuran Yogurt Greenfields di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Yogurt GreenfieldsKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Yogurt Greenfields
Nah, untuk konsumsi, dia menyarankan agar yogurt diminum setelah makan makanan solid, sehingga bisa baik bagi pencernaan.

Kendati demikian, dia mengingatkan bahwa menurunkan berat badan tidak bisa hanya dilakukan dengan satu cara seperti pola makanan saja. Diet makanan memang bisa menurunkan berat badan, tapi efeknya sementara. Begitu diet berhenti, maka berat badan cenderung naik lagi.

Oleh karena itu, harus ada tiga hal yang dilakukan, yakni mengatur pola makan, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, dan menjaga pola tidur.

"Nah tidur ini unik, kalau kebanyakan tidur atau kurang tidur, seseorang bisa menjadi kegemukan. Normalnya adalah tujuh jam tidur," kata Emilia.

Baca juga : Yogurt, Si Penjaga Kulit Cantik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com