Kompas.com - 08/12/2017, 11:03 WIB
Ilustrasi olahraga di gym UberImagesIlustrasi olahraga di gym
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Selesai berolahraga pagi namun tidak sempat mencicipi sarapan? Bila jadi kebiasaan, ini justru bisa menimbulkan masalah.

Victor Self, instruktur kebugaran di Flywheel Sports, mengatakan bahwa makan dalam kurun satu jam setelah olahraga adalah cara yang baik untuk memulihkan kondisi tubuh setelah beraktivitas dan mendapatkan energi kembali.

Susan Besser, spesialis pengobatan keluarga, mengatakan bahwa menunda makan sebentar setelah berolahraga memang tidak akan banyak merugikan Anda. Tapi jika terbiasa melewatkannya, ini berpotensi menyebabkan turunnya kondisi kesehatan dan kemampuan olahraga Anda.

"Efek ini memang tidak terjadi secara langsung. Ini masalah kumulatif, jadi hanya melewatkan satu kali makan tidak akan berdampak langsung," ucapnya.

Tapi, jika Anda berolahraga di pagi hari khususnya dan kemudian tidak makan selama beberapa jam, tubuh Anda tidak memiliki cadangan energi untuk digunakan. Ini berarti tubuh akan menunggu Anda mengisinya kembali dengan nutrisi yang diperlukan untuk mendapatkan kekuatan.

Jika menjadi kebiasaan, inilah yang terjadi jika Anda tidak makan setelah berolah raga dalam jangka waktu lama.

1. Gula darah rendah dan merasa pusing

Susan Besser mengatakan jika kita berolahraga di pagi atau sore hari tanpa makan dan mengisi kembali energi setelahnya, "tubuh Anda akan menghemat energi".

Tubuh akan mengambil cadangan glikogen. Glikogen ini berfungsi untuk menjaga kestabilan gula darah dan akan terisi kembali saat kita makan. Tapi, hal ini membutuhkan waktu, sehingga bisa terjadi perubahan pada metabolisme tubuh.

"Karena otak mencoba menghemat energi, ia terpaksa memperlambat beberapa fungsinya," kata Susan Besser.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.