Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2017, 12:41 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Libur panjang segera datang. Bila Anda berencana bepergian ke negara lain, hal pertama yang mungkin Anda lakukan adalah memesan penerbangan. Namun untuk mengunjungi beberapa negara, Anda tidak akan bisa terbang langsung karena mereka tidak memiliki bandara.

Dengan daerah seluas 109 hektar yang terletak di tengah kota Roma, Vatikan tidak memiliki bandara sendiri. Namun, pengunjung dapat dengan mudah sampai ke sana melalui ibukota Italia itu.

Demikian pula dengan San Marino yang juga dikelilingi oleh tanah Italia. Negara terkecil ke-lima di dunia ini memiliki penduduk sekitar 33.000 jiwa dan tidak memiliki bandara sendiri. Tapi, bagi Anda yang ingin mengunjunginya tidak perlu khawatir. Negara ini hanya berjarak 14,5 kilometer dari Bandara Internasional Federico Fellini di Rimini, Italia.

Lalu bila ingin mengunjungi Monaco - negara terkecil kedua di dunia setelah Vatikan, Anda harus melalui Bandara Internasional Nice Côte d'Azur Prancis, yang berjarak hanya 25 menit. Negara yang terkenal dengan sirkuit balap Formula Satu ini memiliki populasi hanya 38.500 jiwa.

Yang menarik, negara terkecil ke tiga dan empat dunia, yakni Nauru dan Tuvalu, justru masing-masing memiliki bandara sendiri.

Sementara itu, untuk sampai ke negara Liechtenstein, Anda harus melalui Bandara St. Gallen-Altenrhein di Swiss yang berjarak 38,6 kilometer dari ibu kota.

Untuk mencapai Andorra pengunjung juga harus melalui Spanyol atau Perancis. Lokasinya yang terletak di pegunungan Pyrenees membuat negara ini mustahil untuk memiliki bandara sendiri. Di negara ini, orang hanya perlu berjalan sejauh 40 kilometer udari satu ujung ke ujung yang lain.

Untuk mencapai negara ini, Anda bisa melalui Spanyol atau Perancis. Pilihan terdekat ke ibukota Andorra adalah dari Bandara Girona-Costa Brava di Spanyol.

Negara terakhir yang tidak memiliki bandara adalah Palestina. Namun, bandara Internasional Ben Gurion di Israel hanya berjarak 42 kilometer dari Betlehem.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com