Pria Pakai Lip Balm, Apakah Perlu? - Kompas.com

Pria Pakai Lip Balm, Apakah Perlu?

Kompas.com - 13/12/2017, 19:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat wawancara wartawan dengan awak media di kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa (12/12/2017). Sandiaga terlihat mengenakan pelembab bibir di sela-sela wawancara.Istimewa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat wawancara wartawan dengan awak media di kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa (12/12/2017). Sandiaga terlihat mengenakan pelembab bibir di sela-sela wawancara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan lip balm atau pelembap bibir seringkali identik dengan perempuan. Namun ternyata, pria pun harus tetap menjaga kelembapan bibir mereka.

Hal itulah yang dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang menggunakan lip balm di sela-sela wawancara dengan media pada Selasa (12/12/2017). Bahkan dia mengaku lip balm selalu ada di sakunya, dan apa yang dilakukan Sandi itu ternyata dibenarkan.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Fitria Amalia mengatakan semua bagian kulit, termasuk bibir harus dirawat—terutama pada bibir yang spesifik pada kelembapannya. Perawatan ini agar tidak terjadi masalah bibir kering dan iritasi. Adapun penyebab dari masalah tersebut biasanya cukup banyak seperti perubahan cuaca, kurang minum, paparan sinar matahari, iritasi berlebihan.

“Misalnya pada perempuan kosmetik, kemudian juga bisa disebabkan karena rokok, kemudian bisa bikin aging lebih dini pada bibir dan sekitarnya,” kata Fitria kepada Kompas Lifestyle, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Penyebab bibir kering dan iritasi pun juga bisa karena paparan odol, air liur berlebih karena terlalu sering menjilat bibir, hingga makanan. Bila tak ditangani, maka bisa melebar ke perioral dan berdampak pada perioral dermatitis—berupa benjolan kecil, merah, berisi nanah dan mengelupas ringan pada kulit di sekitar mulut.

“Jadi semacam eksem di daerah bibir. Belum lagi kalau mereka kurang vitamin C, maka memperbesar celah bibir untuk luka,” katanya.

Nah, Fitria pun mengingatkan untuk tidak terlalu berlebihan melumas bibir dengan air liur, karena bisa berdampak buruk—terutama bagi mereka yang sensitif terhadap air liurnya sendiri. Oleh karena itu, dia menyarankan untuk menggunakan lip balm agar bibir tetap lembap dan sehat.

Adapun penggunaan lip balm ini tak terbatas pada perempuan—karena pria juga bisa menggunakan agar bisa tetap melembapkan bibir.

Fitria pun memastikan bahwa pria bisa memakai lip balm agar bibirnya tetap lembap. Apalagi ada beberapa lip balm kini memiliki kandungan SPF 30 kemudian Anti-UV yang berfungsi untuk memproteksi dari paparan sinar matahari.

Dia pun menyarankan untuk menghindari lip balm yang memiliki wewangian dan berwarna, karena biasanya bila bibirnya sensitif maka tambah iritasi.

“Pada pria lebih cari yang tidak berwarna dan wangi,” kata Fitria.

Nah, bagaimana aturan soal penggunaan lip balm? Fitria mengatakan bahwa bila orang yang terhidrasi dengan baik, maka tak perlu sering memakainya. Apabila sering terpapar sinar matahari atau kurang terhidrasi, maka dianjurkan untuk lebih sering.


EditorWisnubrata
Komentar
Close Ads X