Mengapa Pria Juga Butuh Lip Balm? - Kompas.com

Mengapa Pria Juga Butuh Lip Balm?

Kompas.com - 13/12/2017, 20:39 WIB
Ilustrasi pria memakai lip balmArt-Of-Photo Ilustrasi pria memakai lip balm

KOMPAS.com - Selain perawatan untuk wajah, perawatan untuk bibir juga harus diperhatikan. Sayangnya, kebanyakan pria cenderung malu untuk memakai perawatan bibir seperti lip balm. Padahal, merawat bibir juga hal yang penting untuk dilakukan, terutama untuk melindungi bibir dari sinar ultraviolet (UV). Kebanyakan pria yang bekerja di luar ruangan lupa akan bahaya sinar UV dan terpaan cuaca yang buruk.

Apa saja manfaat lip balm?

Seperti yang dilansir dari cheatsheet.com, lip balm memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Mencegah bibir pecah-pecah

Pilih lip balm yang bebas alkohol. Perasa dan pewarna buatan dapat menyebabkan reaksi alergi, maka sebelum menggunakannya, lembapkan bibir dengan air dingin, lalu pakaikan balm untuk menjaga kelembapan bibir dan mencegah bibir pecah-pecah.

2. Melindungi dari sinar matahari

Lapisan luar bibir sangat tipis, sehingga berisiko lebih banyak untuk terkena dampak dari cahaya matahari. Karena bibir tidak memiliki melamin (pigmen pemberi warna pada kulit), maka bibir akan lebih mudah terbakar.

3. Menyembuhkan bibir dengan cepat

Lip balm yang baik dapat menyembuhkan retakan-retakan pada bibir yang pecah dan juga dapat mencegah infeksi, bibir kering serta iritasi.

4. Menjaga bibir tetap lembap

Terdapat kesalahpahaman bahwa chapsticks dan lip balms menambahkan pelembap untuk melembapkan bibir, namun kenyataannya chapsticks dan lip balms menyegel kelembapan alami bibir agar tidak hilang.

Benarkah lip balm dapat mencegah kanker?

Selain manfaat di atas, lip balm juga dapat mencegah kanker pada bibir, karena perlindungannya terhadap sinar UV. Preventcancer.org juga menyarankan untuk selalu menggunakan lip balm dan sunscreen agar kita tidak terkena kanker kulit.

Menurut skincancer.org, berdasarkan hasil penelitian retrospektif selama 25 tahun terhadap 2.152 penderita kanker bibir di Amerika Serikat, 81% penderita terkena kanker di bibir bagian bawah dan memiliki 12 kali kemungkinan lebih besar bila sering terpapar sinar UV. Dari persentase tersebut, kasus pada pria lebih banyak dengan perbandingan 3:1 terhadap wanita.


PenulisWisnubrata
EditorWisnubrata
Sumber
Komentar
Close Ads X