Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2017, 07:41 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber NDTV

KOMPAS.com - Mungkinkah kulit kita terlihat lebih cerah dan halus? Apakah rambut kita bisa lebih kuat, berkilau, dan lebih indah dari kondisi yang sekarang? Cara termudahnya memang dengan melakukan terapi terkini di klinik kecantikan. Namun, sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan level kecantikan dengan perawatan natural yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Mengatasi kulit kusam, berminyak dan kombinasi keduanya

Pijat kulit dengan yogurt dingin dan taburi sedikit gula. Gunakan potongan jeruk dan gosok perlahan sampai butirannya meleleh. Cuci muka dengan air es dan lihat bedanya. 

2. Untuk kulit kusam, lelah dan kering

Pijat kulit dengan pepaya. Kemudian buat scrub dengan mencampur oat dan madu ditambah sedikit susu dingin dan gosokkan ke bagian kulit yang paling terlihat kusam. Cuci bersih dengan air dingin dan keringkan. Sebaiknya jangan langsung mencuci muka dengan sabun agar khasiatnya tidak cepat hilang.

Ilustrasi rambut sehatShutterstock Ilustrasi rambut sehat

3. Mengatasi rambut lepek

Cobalah ramuan sederhana, cepat dan mudah dibuat ini. Ambil irisan dua lemon dan biarkan mendidih sampai airnya tinggal setengahnya. Tuangkan cairan ke dalam botol spray dan semprotkan pada rambut Anda. Rambut tidak hanya berkilau alami tetapi juga lebih rapi.  

Baca :Penyebab Ketombe Bukan karena Malas Mencuci Rambut

4. Untuk warna rambut alami

Jika Anda memiliki rambut yang memerah karena sering terpapar sinar matahari dan tidak punya waktu mewarnainya, ambillah beberapa tangkai rosemary dari rak dapur. Rebus di dalam 2 gelas air bersama dengan 2 sendok teh hitam. Biarkan air menyusut sampai setengahnya.

Gunakan ramuan ini dan campur dengan seperempat cangkir sampo setiap kali Anda keramas. Biarkan sampo di rambut Anda selama sekitar 15 menit sebelum dibilas.

Baca :Sebelum Mengecat Rambut, Tanyakan Dulu 4 Hal Ini

5. Menghaluskan kulit punggung

Anda ingin mengenakan blus dengan potongan rendah atau baju tanpa lengan tapitak sempat untuk menggosokkan body scrub ke punggung Anda? Jangan khawatir. Gunakan saja ramuan ini.

Ambil secangkir garam laut dan campurkan dengan setengah cangkir minyak zaitun. Tambahkan 5 tetes minyak cendana dan aduk rata. Simpan dalam toples dan gosok area tubuh Anda yang ingin dipamerkan. Bersihkan dengan handuk basah.

Halaman:
Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com