Kompas.com - 14/12/2017, 09:10 WIB
Ilustrasi pria memakai lip balm Art-Of-PhotoIlustrasi pria memakai lip balm
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan lip balm memang sudah diakui dapat melembapkan bibir pria. Apalagi lip balm kini sudah memiliki kandungan beragam—SPF 30, anti-ultraviolet—yang dapat melindungi kulit bibir dari bahaya sinar matahari. Tapi, ada cara lain untuk tetap menjaga kelembapan bibir pria, loh.

Dr Edwin Tanihaha SpKK mengatakan, kebiasaan sehari-hari tanpa disadari bisa membuat bibir mudah kering. Bila Anda merokok, minum alkohol serta kopi ada baiknya untuk dikurangi agar kulit bibir selalu lembab.

Saat bibir kering, hindari juga membashi bibir dengan air liur saat kering. “Sebab lidah memiliki enzim pencernaan (amylase dan maltase) yang mengurangi minyak alami dari bibir, sehingga bibir relatif menjadi lebih kering beberapa saat kemudian,” kata Edwin kepada Kompas Lifestyle, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Dia menambahkan bibir tidak harus basah agar terlihat sehat, namun harus memiliki warna pink alami yang berbeda pada setiap individu. Bibir yang sehat juga kondisinya lembab. Oleh karena itu, pastikan juga mencukupi konsumsi air dengan 2 liter air per hari untuk orang dewasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.