Kompas.com - 14/12/2017, 13:58 WIB
Ilustrasi tidur LightFieldStudiosIlustrasi tidur
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com — Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka ada hal yang penting untuk dilakukan selain mengatur pola makan. Yakni Anda perlu tidur cukup di malam hari dengan pola teratur.

Berdasarkan penelitian, 74 persen orang yang tidur nyenyak dan teratur di malam hari mengaku lebih mudah menurunkan berat badan. Bahkan 82 persen mengatakan mereka menjadi lebih mudah menjaga asupan makanan yang sehat.

Nah, berapa waktu tidur yan cukup? Pastikan antara tujuh setengah jam dan delapan jam tidur.

Waktu terbaik untuk mulai tidur adalah sekitar puku 22.10 malam— ini memberi 20 menit untuk tertidur dan 90 menit untuk tidur nyenyak atau Rapid Eye Movement (REM) sebelum tengah malam.

Survei terhadap 1.000 orang yang dilakukan oleh Forza Supplements berusaha memantau pola tidur orang yang tengah diet untuk menemukan faktor umum yang berpengaruh pada kenaikan berat badan.

Dalam riset itu  juga ditemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam memiliki pola makan kacau, lebih rentan terhadap penyimpangan diet, dan cenderung berlebih saat mengasup alkohol.

Dua per tiga dari kelompok tersebut juga lebih banyak mengasup makanan ringan di sela-sela makan pokok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, lebih dari setengahnya mengatakan bahwa mereka kesulitan berkomitmen untuk mengikuti program diet. Sementara 54 persen mengatakan mereka secara teratur minum minuman beralkohol lebih banyak dari yang seharusnya.

Baca juga : Bakar Lemak dengan Banyak Tidur

Di lain pihak, hanya 17 persen orang yang tidur nyenyak dalam jumlah cukup setiap malam tergoda untuk ngemil. Masih dalam kelompok yang sama, 72 persen mengatakan bisa mengikuti rencana diet; dan hanya 13 persen yang mengatakan mengasup alkohol berlebih dari batas mingguan.

Sementara itu, sepertiga orang yang kurang tidur mengatakan kecenderungan kenaikan berat badan mereka karena terbangun lebih lama dan memiliki lebih banyak waktu untuk makan.

Halaman:


Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X