5 Keputusan Cepat yang Mengubah Dunia

Kompas.com - 15/12/2017, 06:00 WIB
Titanic Titanic
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Keputusan yang kita buat hari ini ternyata dapat menentukan jalannya nasib. Oleh karena itu, membuat keputusan harus dibuat berdasarkan pertimbangan matang. Tapi, terkadang kita dihadapkan pada situasi yang memaksa kita mengambil keputusan secepat mungkin. Kecerobohan sedikit saja tentu akan berdampak buruk pada masa depan.

Inilah bukti bahwa masa depan dipengaruhi oleh keputusan "sederhana".

1. Kata paling berkesan bagi Amerika

Pada tanggal 28 Agustus 1963, Martin Luther King, Jr. mendekati podium di dekat Lincoln Memorial dengan sesuatu yang biasanya tidak dia butuhkan, yaitu catatan. Merasakan pentingnya momen itu, aktivis HAM Amerika ini sampai begadang untuk menyempurnakan pidatonya. Tapi saat dia menyampaikan pidatonya, dia menemukan sebuah kalimat yang salah pada catatan pidatonya.

Penyanyi Mahalia Jackson yang berada di barian pinggir panggung berteriak, "Ceritakan pada mereka tentang mimpi itu, Martin!"

King berhenti sejenak, memandang kerumunan orang dan mengabaikan naskah pidatonya, dan berkata, "Saya katakan kepada Anda hari ini, teman-teman saya, meskipun kita menghadapi masa sulit hari ini dan besok, saya masih punya mimpi. "

Sisa pidatonya tetap mengikuti naskah yang sudah disipakan, tapi "I Have a Dream" atau yang dalam bahasa indonesia berarti "Saya punya mimpi" tercatat sejarah sebagai salah satu ungkapan paling berkesan yang pernah disampaikan.

2. Zona waktu yang menghancurkan hubungan Amerika dengan Kuba

Pada awal April 1961, orang-orang eksil Kuba dilatih dan siap  melaksanakan rencana rahasia CIA untuk menyerang Teluk Babi di Kuba dan menggulingkan pemerintahan sosialis Fidel Castro.

Setelah serangan udara yang gagal, Presiden Kennedy mengirim 6 pesawat tempur Amerika untuk membantu. Tapi, pilot lupa menyelaraskan jam tangan mereka ke Kuba waktu dan tiba satu jam terlambat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X