Perbedaan Persepsi Pria dan Wanita pada Pemakaian Make Up

Kompas.com - 15/12/2017, 09:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mengaplikasikan foundation ke wajah, memakai bedak, atau memulaskan lipstik adalah ritual menyenangkan bagi sebagian besar wanita. Bukan hanya membuat penampilan lebih menarik, berdandan juga bisa membuat wanita merasa nyaman dengan dirinya.

Kosmetik harus diakui memang memiliki banyak pengaruh, salah satunya dapat mengubah persepsi orang lain terhadap kepribadian kita. Penilaian itu memiliki makna berbeda-beda, tergantung pada jenis kelamin orang yang melihatnya.

Riset baru yang dipublikasikan di the jurnal Perception menemukan bahwa kaum pria memandang wanita yang memakai makeup lebih memiliki berkelas.

Sementara itu, wanita memandang wanita lain yang berdandan lebih dominan dan juga lebih berkarakter.

Penilaian tersebut didasarkan pada penelitian dari University of Stirling di Skotlandia yang dipimpin oleh Viktoria R. Mileva.

Tim peneliti melakukan dua percobaan di mana mereka mengaplikasikan sejumlah kosmetik standar ke wajah wanita dengan menggunakan software komputer.

Mereka kemudian meminta beberapa peserta pria dan wanita untuk menilai wajah wanita tersebut untuk mengetahui tingkat daya tarik, prestise, dan dominasi.

Mayoritas peserta pria dan wanita sepakat bahwa make up yang dipakai seorang wanita menjadi daya tarik estetik yang menonjol. Namun, antara pria dan wanita memiliki pendapat berbeda perihal level dominasi pada wanita yang berdandan.

Hanya peserta wanita yang menilai pengguna kosmetik memiliki level dominasi yang lebih tinggi. Sementara itu, pria menilai wajah dengan make up dianggap lebih berkelas atau prestise.

Para peneliti melakukan percobaan kedua untuk menyelidiki mengapa wanita menilai level dominasi lebih tinggi pada wanita yang menggunakan makeup. Apakah hal tersebut disebabkan oleh kecemburuan?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X