Kompas.com - 15/12/2017, 12:00 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Cobalah untuk membuat beberapa batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi di rumah.

Sebab, menurut sebuah studi dari University of Zurich di Swiss dan University of South Florida—orang-orang yang mengaburkan batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi berisiko mengalami kelelahan.

Mereka yang melakukan itu tidak bisa melakukan aktivitas yang mengurangi tekanan.

“Karyawan yang menggabungkan pekerjaan ke dalam kehidupan pribadi dilaporkan lebih kelelahan karena mereka kurang pemulihan,” ujar penulis utama dalam studi itu, Ariane Wepfer.

Baca juga : 3 Cara Mencintai Pekerjaan

"Kurangnya kegiatan pemulihan ini juga menjelaskan mengapa orang-orang yang menggabungkan pekerjaan mereka ke dalam kehidupan pribadi, merasa kurang sejahtera."

Studi online itu dilakukan terhadap 1.916 pekerja dari negara-negara berbahasa Jerman, dengan rata-rata berusia 42,3 tahun.

Peneliti menanyakan tentang kemampuan mereka untuk membuat batas-batas kehidupan kerja dan frekuensi memikirkan pekerjaan di luar jam kerja. Juga soal membawa pulang kerja dan bekerja di akhir pekan.

Para peneliti juga bertanya kepada para responden bagaimana mereka memastikan pekerjaan tidak masuk ke dalam kehidupan pribadi.

Ditambah, apakah mereka melakukan hobi, olahraga atau kehidupan sosial setelah bekerja.

Hasilnya tak mengejutkan, karena para pekerja yang gagal membuat batas kerja-kehidupan pribadi mengaku lebih sedikit melakukan pemulihan, dan pada gilirannya lebih lelah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.