Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2017, 20:20 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber DMarge

KOMPAS.com — Jared Leto, David Beckham, Zayn Malik, Harry Styles, Brad Pitt, Patrick Dempsey, Zac Efron, Simon Baker, Conan O’brien, Steve From Stanger Things.

Ini semua adalah deretan aktor yang membuat kita iri karena rambutnya. Entah itu karena memang rambut mereka bagus atau berkat kehebatan penata rambut, kita semua pasti ingin mengikuti tahapan-tahapan mereka saat berdandan.

Saking ingin tampil mirip, banyak dari kita lalu melakukan permak terhadap rambut, mulai dari potong rambut, rajin keramas, hingga berdoa agar tampak sempurna seperti rambut pria-pria idaman itu. Namun tanpa disadari, hal-hal yang kita lakukan itu ternyata lebih sering membahayakan rambut daripada membuatnya keren.

Kebiasaan berdandan kita membuat rambut rusak, bercabang, hingga kulit kepala kering. bahkan bisa menjadi pertanda penuaan. Jika rutinitas Anda termasuk 10 hal ini, maka jadi pertanda Anda tengah merusak rambut secara permanen.

1. Keramas berlebihan

Rambut bersih memang sebuah hal yang menarik. Namun, cobalah untuk tidak mencucinya setiap hari, karena bisa berakibat hilangnya minyak alami di kulit kepala yang berfungsi menjaga rambut berkilau dan sehat.

Rambut basah juga cenderung mudah rusak, dan jika Anda mewarnai rambut, maka keseringan keramas akan cepat memudarkan warnanya.

Para ahli menyarankan untuk keramas setiap dua hingga tiga hari sekali, daripada setiap hari. Anda bisa gunakan sampo kering di sela-selanya, dan jika Anda termasuk orang yang berkeringat dan membutuhkan keramas, cobalah bilas dengan air saja tanpa sampo, lalu pijat kulit kepala, beri sedikit conditioner, dan bilas hingga bersih.

Baca juga : Seberapa Sering Kita Sebaiknya Keramas?

2. Membilas dengan air panas

James Bond adalah penggemar air dingin dan Anda harus menirunya. Banyak fakta bahwa air dingin memiliki manfaat, baik pada fisik dan mental, termasuk mengurangi stres, memperbaiki suasana hati dan menambah energi.

Ilustrasi keramasHoby Finn Ilustrasi keramas
Selain itu, air dingin juga membuat kulit dan rambut lebih sehat—karena air panas cenderung menghilangkan minyak alami tubuh. Air panas juga bisa menyebabkan ketombe dan mendorong kulit kepala memproduksi minyak berlebih sebagai gantinya.

3. Kekurangan nutrisi

Apa yang kita makan memiliki efek besar pada penampilan kita. Ketika tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi penting, maka jangan harap Anda akan terlihat keren. Rambut terbuat dari protein yang disebut keratin, sehingga pastikan terdapat cukup protein dalam makanan. Omega 3, besi, zink, biotin dan air juga sangat penting bagi kesehatan rambut. Kacang-kacangan, ikan, buah-buahan dan sayuran juga harus ada dalam menu makan.

Baca juga : Membuat Rambut Lebih Tebal dengan Gaya Hidup Sehat

4. Menyisir saat rambut basah

Saat terburu-buru di pagi hari—seringkali kita langsung menyisir dalam keadaan rambut basah dan memakai beberapa produk rambut, lalu bergegas pergi. Nah, cobalah untuk hindari kebiasaan tersebut.

Halaman:
Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com