Kompas.com - 18/12/2017, 12:00 WIB
Ilustrasi bullying shironosovIlustrasi bullying
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com - Riset mengungkapkan bahwa anak-anak yang senang mengkonsumsi makanan sehat cenderung lebih gembira, memiliki kepercayaan diri diri yang baik, dan tidak lebih jarang mengalami masalah emosional dan dalam pertemanan.

Itu sebabnya mereka pun memiliki risiko lebih kecil menjadi korban bully dari teman-temannya. Demikian menurut kesimpulan dari penelitian terhadap 7.675 anak-anak berusia 2 sampai 9 tahun, dari 8 negara Eropa - Belgia, Siprus, Estonia, Jerman, Hongaria, Spanyol dan Swedia.

Sayangnya, mendorong anak-anak untuk mengkonsumsi makanan sehat bukanlah hal yang mudah. Kebayakan dari mereka lebih menyukai makanan olahan atau cepat saji yang dianggap lebih enak di lidah.

Dalam penelitian ini para periset meminta orang tua untuk melaporkan seberapa sering anak mereka makan makanan dari daftar 43 item makanan yang disediakan oleh para peneliti.

Setelah itu, periset menentukan Skor Kesejahteraan Diet Sehat (HDAS) berdasarkan konsumsi makanan tersebut untuk mencatat kepatuhan terhadap pedoman diet sehat, termasuk membatasi asupan gula, mengurangi asupan lemak dan memakan buah dan sayuran.

Dua tahun kemudian, riset diulang kembali dengan mengukur tinggi dan berat badan anak-anak tersebut.

Hasilnya, mereka yang paling memenuhi pedoman makanan sehat Eropa memiliki rasa percaya diri dan kesejahteraan yang lebih baik, terlepas dari berat badan anak-anak tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami menemukan bahwa pada anak-anak berusia 2 sampai 9 tahun ada hubungan antara kepatuhan terhadap pedoman diet sehat dan kesejahteraan psikologis yang lebih baik," ucap Dr Louise Arvidsson, salah satu peneliti.

Ilustrasithinkstockphotos Ilustrasi
Kesejahteraan psikologsi tersebut, menurut dia, mencakup masalah emosional, hubungan yang lebih baik dengan anak-anak lain dan harga diri yang lebih tinggi.

Menariknya, data tersebut mengungkapkan adanya hubungan antara mengonsumsi ikan 2 sampai 3 kali sajian seminggu ternyata dapat meningkatkan harga diri lebih baik dan menurunkan masalah emosional serta permasalahan dengan rekan sebaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.