Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2017, 10:01 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com — Tidak ada istirahat yang paling sempurna selain tidur. Mulai dari pikiran sampai mood kita saat siang hari ternyata dipengaruhi kualitas tidur pada malam hari. Bahkan, tidur di siang hari juga mempengaruhi tingkat kecerdasan.

Meskipun tidur sangat bermanfaat bagi otak, durasinya tetap perlu diatur. Dua orang paling jenius dalam sejarah, Leonardo da Vinci dan Nikola Tesla, memiliki prinsip "semakin sering tidur, semakin banyak hal yang akan hilang dalam hidup".

Mereka juga mengatakan bahwa membatasi waktu tidur akan memberi keajaiban pada tingkat produktivitas. Kedua jenius itu memiliki siklus tidur intens yang disebut dengan "Uberman". Siklus ini membagi tidur dalam enam sesi dengan durasi waktu 20 menit setiap harinya.

Dilansir dari Curiosity, praktik tidur ini didasarkan pada bentuk ekstrem tidur polifasik, untuk tidur dalam jangka waktu yang pendek lebih dari tiga kali dalam sehari. Harus dicatat bahwa pola tidur ini sangat tidak biasa.

Menurut penulis buku Why We Nap, Claudio Stampi, dengan durasi tidur 1-2 jam setiap hari, Da Vinci memperoleh 6 jam kerja produktif setiap hari.

"Dengan mengikuti cara unik ini, dia mendapatkan peningkatan 20 tahun produktivitas selama 67 tahun hidupnya," tulis Stampi dalam bukunya.

Penelitian bahkan mendukung klaim ini. Menurut riset tahun 1989 yang diterbitkan dalam jurnal Work & Stress, strategi tidur polifasik dapat meningkatkan kinerja seseorang dalam jangka waktu yang panjang.

Namun, Anda yang tidak terbiasa dengan cara ini jangan pernah mencobanya di rumah. Kurang tidur dapat menimbulkan masalah pada otak dan bahkan menurunkan produktivitas.

Apalagi, efek kurang tidur pada otak ternyata sama seperti minum alkohol. Ada banyak hal positif yang terjadi pada tubuh jika kita tidur cukup. Salah satu manfaat Tidur Cukup Agar Tubuh Lebih Langsing.

Jika Anda sering merasa kesulitan untuk tidur di malam hari, lakukanlah 7 Cara agar Malam Ini Bisa Tidur Lebih Cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com