Kompas.com - 20/12/2017, 10:01 WIB
Pelukis terkenal Italia, Leonardo da Vinci Pelukis terkenal Italia, Leonardo da Vinci
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Tidak ada istirahat yang paling sempurna selain tidur. Mulai dari pikiran sampai mood kita saat siang hari ternyata dipengaruhi kualitas tidur pada malam hari. Bahkan, tidur di siang hari juga mempengaruhi tingkat kecerdasan.

Meskipun tidur sangat bermanfaat bagi otak, durasinya tetap perlu diatur. Dua orang paling jenius dalam sejarah, Leonardo da Vinci dan Nikola Tesla, memiliki prinsip "semakin sering tidur, semakin banyak hal yang akan hilang dalam hidup".

Mereka juga mengatakan bahwa membatasi waktu tidur akan memberi keajaiban pada tingkat produktivitas. Kedua jenius itu memiliki siklus tidur intens yang disebut dengan "Uberman". Siklus ini membagi tidur dalam enam sesi dengan durasi waktu 20 menit setiap harinya.

Dilansir dari Curiosity, praktik tidur ini didasarkan pada bentuk ekstrem tidur polifasik, untuk tidur dalam jangka waktu yang pendek lebih dari tiga kali dalam sehari. Harus dicatat bahwa pola tidur ini sangat tidak biasa.

Menurut penulis buku Why We Nap, Claudio Stampi, dengan durasi tidur 1-2 jam setiap hari, Da Vinci memperoleh 6 jam kerja produktif setiap hari.

"Dengan mengikuti cara unik ini, dia mendapatkan peningkatan 20 tahun produktivitas selama 67 tahun hidupnya," tulis Stampi dalam bukunya.

Penelitian bahkan mendukung klaim ini. Menurut riset tahun 1989 yang diterbitkan dalam jurnal Work & Stress, strategi tidur polifasik dapat meningkatkan kinerja seseorang dalam jangka waktu yang panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, Anda yang tidak terbiasa dengan cara ini jangan pernah mencobanya di rumah. Kurang tidur dapat menimbulkan masalah pada otak dan bahkan menurunkan produktivitas.

Apalagi, efek kurang tidur pada otak ternyata sama seperti minum alkohol. Ada banyak hal positif yang terjadi pada tubuh jika kita tidur cukup. Salah satu manfaat Tidur Cukup Agar Tubuh Lebih Langsing.

Jika Anda sering merasa kesulitan untuk tidur di malam hari, lakukanlah 7 Cara agar Malam Ini Bisa Tidur Lebih Cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.