Kompas.com - 21/12/2017, 07:00 WIB
/Ilustrasi Shutterstock/Ilustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Obsesi untuk menurunkan berat badan agar tampil lebih menarik memang banyak dialami menjelang momen-momen istimewa yang mengharuskan kita bertemu banyak orang, seperti pada akhir tahun.

Selain karena ingin terlihat lebih menarik saat bertemu teman lama, keluarga, atau orang yang sedang ditaksir, banyak orang percaya bahwa bertubuh kurus akan membuat tampilan di foto lebih cantik dan tampan.

Sebenarnya tidak ada yang keliru dengan obsesi menurunkan berat badan, terutama jika tujuannya demi kesehatan. Namun, kebanyakan orang lebih menyukai cara-cara instan untuk mecapai targetnya, walau membahayakan kesehatan diri sendiri.

Menurut psikolog yang banyak mendalami tentang pola makan dan kesehatan, Mel Wells, dari pada menuruti obsesi langsing, kita juga perlu belajar mencintai diri sendiri. Ia membagikan tipsnya agar kita merasa lebih nyaman dengan tubuh sendiri.

1. Gunakanlah pakaian yang benar-benar pas dengan tubuh Anda

Orang merasa kegemukan terkadang menyimpan baju dengan ukuran lebih kecil yang dipakai pada acara khusus saja. Sebaiknya singkirkan pakaian semacam itu.

"Saat Anda menyimpan pakaian kekecilan dalam almari atau mencoba memaksa tubuh untuk memakainya, Anda akan selalu merasa tidak nyaman," kata Wells.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berhentilah mencoba memaksa tubuh untuk memakai pakaian yang tak sesuai dengan ukuran tubuh. Jika Anda merasa nyaman dengan apa yang dikenakan, maka Anda akan merasa lebih rileks dan merasa lebih percaya diri.

2. Maafkanlah diri Anda

Jika kita ingin mengubah bentuk tubuh, terlebih dahulu kita harus mencintai dan menerima tubuh apa adanya. Jadi, alih-alih mencoba mengubah tubuh karena rasa tidak puas, cobalah berdamai dengan diri Anda sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.