Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2017, 17:16 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Seperti kebanyakan orang yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah, biasanya kita akan membawa tas berat setiap hari. Padahal, kebiasaan ini memicu banyak masalah kesehatan.

Menurut penelitian, rata-rata orang membawa tas dengan beban sekitar 2,7 kilogram, bahkan lebih. Tas sehari-hari itu seperti "lemari berjalan" karena kita bisa menemukan tas make up, baju ganti, charger, buku, hingga botol air minum, di dalamnya.

Menurut Dr.Sabrina Strickland, dokter bedah orthopedi di New York, kebiasaan membawa tas berat di satu sisi pundak dapat membuat tulang punggung melengkung.

"Saat membawa tas berat di pundak, tentu kita akan menaikkan pundak sedikit atau menyeimbangkan dengan sisi pundak satunya agar tasnya tidak jatuh. Makin lama kita membawa tas itu, makin melengkung tulang belakang," kata Strickland.

Bentuk tulang belakang yang tidak sesuai postur itu akan menyebabkan nyeri di punggung, leher, pundak, otot, persendian dan memperburuk masalah pada sendi yang sudah lebih dulu ada.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Pada anak-anak, hal ini bahkan bisa menyebabkan skoliosis atau pertumbuhan tulang belakang melengkung. Penelitian tahun 2013 juga menyimpulkan bahwa kebiasaan membawa tas berat di satu sisi akan memengaruhi cara berjalan.

Ketahui bagaimana cara sehat membawa tas:

- Bawa dua tas
Bawa tas itu masing-masing di tiap pundak untuk mencegah ketidakseimbangan tekanan. Menurut Strickland, isi tas yang dibagi rata ke dua tempat lebih disarankan.

- Kurangi beban
Idealnya beban tas kita tak boleh melebihi 10 persen dari bobot tubuh. Ini berarti jika berat badan Anda 60 kilogram maka jangan membawa tas dengan beban lebih dari 6 kg. "Kalau bebannya sudah mencapai 3 kilogram, lebih baik dibagi dua," katanya.

- Ganti tas
Tas ransel adalah pilihan terbaik karena lebih ergonomi. Tas selempang juga lebih baik dari pada tas pundak, tetapi tetap bisa menyebabkan otot leher tegang. Jika Anda lebih suka membawa tas pundak, ubah sisi pundak setiap beberapa waktu.

- Perkuat bagian batang tubuh
Jika kita memiliki bagian batang tubuh yang kuat, maka meski membawa tas cukup berat masalah pada otot dan persendian relatif lebih ringan. Lakukan latihan-latihan yang fokus pada bagian batang tubuh, misalnya sit up, plank, atau gerakan punggung, saat berolahraga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.