Kompas.com - 31/12/2017, 18:53 WIB
Ilustrasi resolusi tahun baru Cn0raIlustrasi resolusi tahun baru
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Jadikan tahun 2018 sebagai tahunmu!

Menurut laporan dari WalletHub, 42 hingga 92 persen resolusi tahun baru pada akhirnya gagal tercapai. Dari seluruh resolusi yang dibuat, 80 persen akan ditinggalkan pada pekan kedua bulan Februari—dan hanya 8 persen orang yang memenuhi keseluruhan resolusi mereka. 

Kebanyakan dari kita menetapkan target terlalu tinggi dan usaha menggapai target tersebut butuh perjuangan. Resolusi yang paling populer untuk tahun 2016 misalnya adalah "hidup sehat," "terorganisir," "lebih menikmati hidup," "mempelajari hobi baru," “mengurangi pengeluaran dan lebih banyak menabung" serta “traveling,” menurut data pemasaran digital, iQuanti.

Memang target yang tinggi membuat orang lebih mungkin tertantang dan berusaha, namun butuh hal lain daripada sekadar keinginan. "Tanpa program terstruktur untuk mencapai hasil yang diinginkan, orang akan cenderung gagal," kata Julie Weidenfeld, seorang konsultan kebugaran di Delray Beach, Fla. Menurutnya, banyak dari kita menetapkan tujuan yang terlalu tinggi, namun tidak punya rencana untuk mencapainya. 

Baca juga : 6 Tabiat Buruk yang Membuat Resolusi Tahun Baru Selalu Gagal Total

Nah, berikut cara mengubahnya dan membuat Anda mencapai target resolusi:

  1. Paham kenapa harus dicapai

Jangan hanya bilang ingin menurunkan berat badan 10 kg, kata Weidenfeld. Semua target harus ada alasannya. Lebih baik menuliskan: "Saya perlu menurunkan berat badan tahun ini karena dokter mengatakan bahwa saya akan terkena diabetes dan saya tidak ingin menyuntikkan insulin, jadi saya akan memangkas 2 kg setiap bulan”.

  1. Buat rencana 

Buatlah resolusi dengan tenggat waktu yang realistis. Apakah itu soal berhemat atau menurunkan berat badan. Sadari bahwa usaha Anda mungkin tidak berjalan mulus sesuai rencana, sehingga siapkan cara untuk mengatasinya.

Untuk mengatasi godan makan misalnya, coba gantungkan celana yang ingin Anda pakai saat langsing di tempat Anda biasanya makan atau ngemil. Atau tuliskan alasan Anda berdiet di tempat-tempat itu.

Agar resolusi berjalan terus, Anda juga bisa menetapkan target-target kecil atau membagi target besar dalam beberapa tahapan, kata Dr. Scott Krakower, asisten kepala psikiatri di Rumah Sakit Bukit Zucker di New York. Misalnya bila dirasa menurunkan 10 kg terlalu berat, buatlah target turun 1 kg di bulan pertama dan 2 kg di bulan-bulan selanjutnya.

  1. Daftar bantuan

Agar lebih bersemangat dan berhasil, pertimbangkan untuk memiliki teman dengan resolusi serupa sehingga bisa saling mengingatkan. Anda juga dapat mengikuti tokoh inspiratif yang mengejar sasaran serupa di media sosial, karena melihat posting Instagram dari seseorang yang Anda kagumi dapat membuat Anda terus maju, saran dari Weidenfeld. .

  1. Beri hadiah

Jika Anda sudah mencapai beberapa tahapan resolusi, sesekali beri hadiah untuk diri sendiri agar tetap bersemangat, kata Krakower. Misalnya Anda bertekad untuk mulai rutin berlari atau berolahraga, hadiahkanlah sepatu baru bila sudah bisa rutin berlari 3 kali seminggu dalam 3 bulan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.