Kompas.com - 04/01/2018, 08:39 WIB
Jus lidah buaya  iStockphotoJus lidah buaya
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tanaman lidah buaya (aloe vera) terkenal memiliki banyak khasiat, mulai dari  menyejukkan kulit akibat sengatan matahari, eksim hingga jerawat, atau menyuburkan rambut. Lidah buaya juga bisa dikonsumsi dan kini sedang menjadi tren kesehatan di negara maju.

Penelitian ilmiah mengenai manfaat jus lidah buaya mulai banyak dilakukan, yang sudah terbukti adalah memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jika Anda juga tertarik untuk mulai rutin mengonsumsi jus lidah buaya, ketahui dulu apa saja manfaat yang terdapat di dalamnya:

Pertama, ada efek antiseptik di dalam lidah buaya. Tanaman ini mengandung antikuman seperti asam salisilat, yang dapat mencegah bakteri, jamur, dan virus.

Lalu ada sifat penyembuhan dari lidah buaya. Dalam penelitian tahun 2015 mengenai berbagai riset yang menguji kemampuan lidah buaya untuk membantu mempercepat penyembuhan, diketahui bahwa mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada luka bakar dapat membantu penyembuhannya lebih cepat.

Jangan lupakan manfaat yang bisa dilakukan untuk kulit Anda. Lidah buaya adalah pelembab alami yang sangat baik yang mengandung sifat anti-inflamasi. Satu studi bahkan menyarankan agar lidah buaya bisa membantu menghilangkan keriput dengan pemakaian biasa.

Bagaimana dengan jus lidah buaya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar penelitian yang mendukung manfaat kesehatan lidah buaya berlaku untuk penggunaan tanamannya. Baru sedikit yang diketahui bermanfaat dalam jus tanaman ini.

Jus lidah buaya murni dibuat dengan cara menghancurkan, menggiling, atau menekan seluruh daun tanaman lidah buaya. Proses itu akan menghasilkan cairan yang kemudian akan disaring. 

Banyak jus lidah buaya dikombinasikan dengan minuman lain, seperti jus buah atau teh. Masalahnya, "karena prosedur pengolahan yang tidak tepat, banyak dari produk yang diklaim jus lidah buaya hanya mengandung sedikit atau hampir tidak ada bahan aktif aloe vera," menurut sebuah ulasan di Journal of Food Science and Technology.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.