Kompas.com - 05/01/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi perpisahan AntonioGuillemIlustrasi perpisahan
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tidak ada yang menginginkan perceraian muncul dalam pernikahan. Namun, terkadang keadaan membuat perpisahan ini sulit dihindari. Yang menarik, ternyata banyak perceraian terjadi setelah liburan Tahun Baru.

Sebagian besar pengacara di Inggris menyebutkan bahwa 8 januari dijuluki sebagai 'Hari Perceraian'.  Relate, salah satu organisasi terbesar yang mengkhususkan diri pada konseling dan dukungan pernikahan di Inggris, mengungkapkan bahwa mereka menerima panggilan terbanyak pada bulan Januari karena masalah dalam perkawinan menjelang Natal.

Menurut data yang dianalisis oleh layanan dukungan perceraian Amicable, lebih dari 40.500 orang akan mencari tahu "perceraian" secara online pada bulan Januari. Hal ini terjadi karena hubungan pernikahan itu sudah mencapai titik kritis sejak bulan Desember.

Januari tahun lalu, Relate menerima kenaikan panggilan hingga 24 persen mengenai fenomena ini dibandingkan dengan bulan lainnya. Bulan ini adalah waktu yang sibuk bagi para pengacara untuk menangani perceraian.

Charlotte Leyson, pendiri firma Lux yang berbasis di Cardiff, Inggris, menjelaskan bahwa dia dan rekan-rekannya biasanya banyak menerima kasus perceraian usai liburan akhir tahun, tepatnya pada bulan januari ini.

Charlotte Leyshon pernah menerima panggilan dari seorang istri pada Hari Natal setelah dia menemukan nota pembelian berlian Rolex yang ternyata ditujukan untuk wanita lain.

"Satu dari lima orang di Inggris berada dalam 'hubungan yang tertekan, kami akan mendorong siapa saja yang bermasalah dengan pasangan mereka untuk mencari dukungan sedini mungkin," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak faktor yang menyebabkan hancurnya sebuah pernikahan, terkadang memasang harapan yang terlalu tinggi juga bisa memicu perceraian.

Di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir muncul fenomena perceraian terjadi karena kecemburuan di media sosial. Padahal, sebelumnya alasan ekonomi menjadi penyebab utama hancurnya pernikahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.