Kompas.com - 05/01/2018, 19:25 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Pada masa pertumbuhan, anak-anak cenderung memiliki ingatan yang kuat dan kerap meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

Jadi, orang tua harus ekstra hati-hati dalam merawat dan mendidik anak-anaknya. Jangan sampai hal buruk yang kita lakukan membekas dalam ingatan anak dan membuatnya tumbuh sebagai pribadi negatif.

Inilah 5 hal yang biasa diingat oleh anak-anak tentang orang tuanya.

1. Momen saat Anda membuatnya merasa aman atau sebaliknya

Setiap anak memerlukan perlindungan dan perhatian dari orang tuanya. Namun, terkadang malah orang tualah yang justru membuat mereka terluka. Yah, anak akan mengingat saat-saat Anda membuatnya merasa aman, contohnya saat Anda memeluknya usai sang anak bermimpi buruk. Namun mereka juga akan mengingay bila kita sendiri yang membuat anak kita merasa takut.

Wajar memang jika kita terkadang marah pada anak. Namun, jangan sampai amarah Anda membuat sang anak merasa tak nyaman saat berada di dekat Anda. Kita harus bisa membuat anak merasa aman dan nyaman kapanpun bersama kita.

2. Saat Anda memberi mereka perhatian penuh

Anak-anak mengukur cinta orangtua terutama dari perhatian terhadap mereka. Saat Anda menghentikan pekerjaan demi bermain bersama anak, mereka akan selalu mengingat hal itu.

Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal kecil dengan anak-anak Anda. Bagaimanapun juga, momen bersama mereka akan menjadi hal mahal yang tak akan bisa Anda beli dengan uang.

3. Cara Anda berinteraksi dengan pasangan Anda

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.