Kompas.com - 07/01/2018, 09:13 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Saat dalam program penurunan berat badan, salah satu yang diperhatikan adalah asupan kalori ke tubuh. Banyak makanan yang tinggi kalori serta mengandung nutrisi baik dan sangat layak untuk dimasukkan dalam menu makanan. 

Di sisi lain, ada juga makanan dengan kalori tinggi namun sedikit nutrisi. Makanan ini, menurut Rhiannon Lambert pakar nutrisi di Harley Street, disebut sebagai “empty calories” alias kalori kosong.

"Kalori seharusnya memberi kita energi—adapun empty calories memang menyuplai energi saat diasup—tapi nilai gizinya sangat sedikit. Gula adalah contohnya—tinggi kalori tapi sama sekali tidak ada nilai gizi."

Nah, daripada pusing soal angka asupan kalori harian, Rhiannon menyarankan bahwa sangat penting untuk makan makanan seimbang—penuh dengan makanan padat nutrisi.

Alih-alih membatasi makanan, lebih baik memikirkan pilihan makanan sehat yang bisa ditambahkan ke menu harian.

"Anda ingin mengisi tubuh dengan makanan yang tidak hanya memasok energi, juga dengan nutrisi seimbang,” tambahnya.

"Asupan energi—atau kalori—sangat penting, tapi orang harus mengerti kandungan yang ada dalam makanan dapat menjadi pilihan yang baik bagi tubuh.”

Oleh karena itu, Rhiannon mengungkapkan enam makanan dan minuman yang mengandung dengan empty calories—makanan yang hanya menghabiskan uang Anda, namun tak memberikan manfaat bagi tubuh dan program penurunan berat badan.

  1. Alkohol

Bila Anda benar-benar ingin diet, hindari untuk mengasup alkohol yang terbukti sebagai minuman empty calories. Dia memastikan bahwa tidak ada alkohol yang baik bagi tubuh—termasuk red wine. 

  1. Minuman bersoda

Nah, selain alkohol, minuman jenis ini pun harus dihindari. Bila Anda tidak minum alkohol, seringkali pilihannya jatuh pada minuman bersoda dan itu sebenarnya keliru. Minuman kaleng bersoda bisa mengandung kalori sekitar 139-141. Selain itu, tak ada nutrisi sedikit pun dalam minuman tersebut, selain gula. 

Halaman:
Sumber The Sun


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.