Cara Benar Melakukan Senam Kegel

Kompas.com - 07/01/2018, 10:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Gangguan pada otot dasar panggul (pelvis) sering dialami wanita setelah melahirkan atau yang sudah berusia lanjut. Ciri paling khas adalah mengompol.

Gangguan tersebut biasanya akan kembali normal setelah 6 bulan, tapi sebagian wanita tetap mengalami ngompol ketika mereka tertawa lepas, batuk, atau bersin.

Atasi masalah memalukan ini dengan melakukan senam kegel untuk menguatkan otot-otot dasar panggul.

Agar Anda melakukan senam kegel dengan benar, pertama kenali dulu mana otot dasar panggul.

"Saat sedang berkemih di toilet, hentikan aliran urine. Ingat-ingat bagaimana rasanya, ini adalah otot yang akan dikepalkan selama kegel," kata terapis fisik dan pendiri Beyonds Basics Physical Therapy, Amy Stein.

Setelah Anda berhasil mengenali otot yang benar, tidak perlu melakukannya lagi. Berulang kali menghentikan urine bisa menyebabkan otak menjadi bingung sehingga proses pengosongan kandung kemih terganggu.

Ketika Anda siap melakukan senam kegel, lokalisasi ototnya, remas dan tahan kontraksinya untuk 3-10 detik, lalu lemaskan pada periode yang sama.

Latihan tersebut lebih mudah dilakukan secara benar dengan berbaring di permukaan yang rata. Jadi, untuk pemula lakukan senam kegel dengan cara ini beberapa kali dalam sehari.

Jika Anda sudah bisa melakukan senam kegel dasar, Anda bisa mengulanginya sepanjang hari tanpa berpikir.



Sumber Parents
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X