Kompas.com - 08/01/2018, 10:07 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Ada dua tipe orang di dunia ini: mereka yang suka mengerjakan segala sesuatunya suka-suka dan mepet deadline, dan mereka yang terbiasa beraktivitas mengikuti jadwal yang terinci. Yang manakah Anda?

Kalau Anda adalah tipe orang kedua yang biasa hidup teratur, tampaknya Anda harus berbangga hati. Tidak hanya kebiasaan baik ini memudahkan rutinitas sehari-hari, ternyata hidup rapi dan teratur juga membawa banyak manfaat kesehatan.

Memiliki kebiasaan hidup teratur dan lebih terorganisir adalah kunci untuk mencapai keseimbangan antara kesehatan fisik dan kesejahteraan mental. Apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika terbiasa hidup lebih teratur dan rapi?

1. Mengurangi stres dan depresi

Menurut sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Personality and Social Psychology Bulletin, kebiasaan hidup yang lebih disiplin dapat membuat Anda menyelesaikan segala pekerjaan dengan lebih efektif. Pada akhirnya, hal ini akan mengangkat beban mental dari bayang-bayang deadline (dan segala macam urusan lainnya yang mengikuti).

Efek terbiasa hidup teratur bagi tubuh adalah pelepasan kadar hormon stres yang lebih terkendali, sehingga Anda lebih merasa santai dan bahagia. Sebaliknya, jika terbiasa hidup amburadul (misalnya suka membiarkan meja kerja atau kamar tidur berantakan) dan suka menunda-nunda pekerjaan, ini justru dapat membuat kadar kortisol dalam tubuh tetap tinggi.

Dalam jangka panjang, hormon kortisol yang terlalu tinggi dapat berdampak buruk pada suasana hati, pola tidur, dan juga kesehatan tubuh secara umum. Kadar kortisol yang terlalu tinggi telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit jantung, tumpukan lemak perut, dan bahkan depresi.

Maka, sebisa mungkin buatlah jadwal tertulis kapan harus memulai dan menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Kalau memungkinkan, buatlah alarm pengingat di handphone atau kalender Anda.

Baca juga : 3 Metode Relaksasi yang Ampuh Usir Stres

2. Pola makan lebih baik

Terbiasa hidup disiplin membuat Anda memiliki pola makan yang lebih teratur. Masuk akal, sih, karena dengan mengetahui jadwal sehari-hari, Anda dapat memperkirakan kapan waktu yang paling ideal untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, dan kemudian menyelipkannya di sela-sela rutinitas.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.