Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2018, 12:12 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Riset terbaru dari University of British Columbia yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menyatakan bahwa aroma adalah pembangkit gairah wanita yang ampuh.

Sementara itu, periset psikologi dari Canadian Institution menemukan bahwa wanita mengalami penurunan kortisol atau hormon pemicu stres setelah mencium pakaian yang telah dikenakan pasangannya. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 96 pasangan.

Karenanya tidak heran banyak wanita yang memakai pakaian pasangannya atau tidur di sisi kasur dimana pasangan mereka biasa tidur saat pasangan mereka tak ada di rumah.

"Tapi, mungkin mereka tidak menyadari mengapa mereka melakukan hal itu," kata Marlise Hofer, pemimpin riset tersebut.

Wanita dipilih sebagai subjek dalam riset ini karena diyakini memiliki indera penciuman yang lebih kuat. Mereka tidak diberi tahu apakah baju yang mereka kenakan itu adalah milik pasangan mereka sebelum menjalani tes.

Hasil riset menunjukan bahwa wanita yang mengenali aroma pasangannya sebelum melakukan tes merasa lebih rileks. Sementara wanita yang mencium pakaian orang lain mengalami peningkatan stres.

"Sejak kecil, manusia takut pada orang asing, terutama pria aneh. Jadi, ada kemungkinan aroma aneh pria memicu respons 'hadapi atau hindari' yang menyebabkan kortisol meningkat," ucap Marlisa Hofer.

Menurut Fran Walfish, seorang psikoterapis selebriti Beverly Hills, hal ini serupa dengan hubungan yang dimiliki antara bayi dengan mainan boneka atau dot yang disukainya.

"Saat merasa tertekan, pakaian dari pasangan akan menjadi objek peralihan dan sumber kenyamanan dan menenangkan," ucapnya.

Frans Walfish sendiri juga suka memeluk pakaian milik mantan kekasihnya yang disimpan di lemarinya saat dia merasa stres.

Selain mencium aroma pakaian kekasih, ada beberapa cara yang juga ampuh menangkal stres. Cara ini pun bahkan bisa diterapkan bagi mereka yang belum memiliki kekasih. Berikut cara menangkal stres.

Baca juga : Aturan Menggunakan Wewangian

1. Istirahat yang cukup

Tidur setidaknya 7 jam setiap malam. Franc Walfish merekomendasikan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari agar ritme tubuh menjadi teratur.

"Setelah makan malam, redupkan lampu, nyalakan musik yang menenangkan dan mandi air hangat yang menyejukkan," saran Frans Wallfish.

Selain saran tersebut, hindarilah menggunakan ponsel atau komputer karena aktivitas tersebut cenderung meningkatkan kecemasan daripada perasaans antai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com