Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghasilan Pria Makin Besar, Daya Tarik Ikut Terdongkrak

Kompas.com - 08/01/2018, 15:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Banyak hal yang jadi pertimbangan wanita dalam mencari pasangan yang cocok. Namun, menurut riset terbaru kemapanan penghasilan calon pasangannya menjadi faktor yang utama.

Dibandingkan dengan pria, para wanita 4 kali lebih sensitif dalam menilai faktor gaji lawan jenisnya. Temuan ini memang terkesan omong kosong tetapi berbagai tes dalam penelitian ini telah membuktikannya.

Riset yang diterbitkan dalam jurnal Evolution and Human Behavior ini melakukan serangkaian tes sederhana dengan menggunakan foto pria dan wanita, selain informasi gaji tahunan subjek dalam riset tersebut.

Para pria yang menjadi responden penelitian ini meliputi seluruh Amerika Serikat, China dan Eropa untuk mengukur bagaimana uang mempengaruhi tingkat daya tarik pria.

John Speakman, pemimpin riset tersebut, mengatakan bahwa seorang pria dapat meningkatkan peforma dirinya 2 poin lebih tinggi dalam skala daya tarik jika gajinya meningkat 10 kali lipat.

"Bagi seorang wanita untuk mencapai efek dua poin yang sama, gajinya perlu meningkat 10.000 kali," ucapnya.

Teori di balik ini terletak pada keyakinan bahwa wanita cenderung lebih sensitif terhadap pendapatan pria karena kepentingan untuk berinvestasi demi masa depan anak-anak mereka.

Sementara itu, pria lebih condong pada penampilan karena ini berkaitan dengan 'kesuburan' wanita.

John Speakman juga berkata bahwa pria yang ingin menarik wanita dengan cara ini harus lebih royal soal keuangan.

"Ini menjelaskan penelitian sebelumnya yang menunjukkan pria memberi lebih banyak uang untuk amal saat wanita mengawasi mereka, daripada saat pria lain yang melihatnya," ucapnya.

Riset ini memang tergolong unik. Namun, ini termasuk penelitian yang penting dan pertama kalinya yang membahas hubungan antara gaji pria dengan daya tariknya di mata wanita.

Namun percaya atau tidak, riset ini telah memiliki bukti yang nyata. Ini bukan persoalan matrealistis tetapi demi 'keamanan' hidup di masa depan nantinya. Jadi, bagi Anda kaum pria yang ingin terlihat lebih menarik di mata wanita, cobalah untuk bekerja keras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com