Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2018, 19:12 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

KOMPAS.com — Menjalani hidup sehat menjadi salah satu resolusi tahun baru yang dimiliki kebanyakan orang. Namun, sering kali motivasi menjalani gaya hidup sehat menurun seiring waktu. Hal itu terutama jika kita tiba pada hari-hari libur.

Jika hal itu terjadi, ada beberapa hal yang bisa membuat kita tetap teguh menjalani hidup sehat. Sebab, kebiasaan menjaga hidup sehat bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker hingga 8 persen atau lebih.

Para peneliti dari Inggris menelusuri gaya hidup lebih dari 300.000 orang dewasa dalam lima tahun. Para relawan melaporkan apakah mereka membatasi konsumsi alkohol, berhenti merokok, olahraga, menjalani diet sehat, dan menjaga berat badan.

Para peneliti melihat hasil yang menjanjikan dari lima gaya hidup sehat tersebut dengan risiko penyakit kanker.

Berkomitmen pada gaya hidup sehat ternyata mampu mengurangi risiko kanker hingga sepertiga dan mengurangi risiko kematian karena kanker.

Menerapkan gaya hidup sehat secara total memang rasanya masih sulit dan tak realistis. Tapi jangan khawatir, setiap kebiasaan sehat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker sebanyak 8 persen.

Jadi, jika kita sudah bertekad untuk berolahraga dan pergi ke gym tanpa mengonsumsi makanan cepat saji, fokus pada tekad tersebut bisa membawa keuntungan besar bagi kesehatan.

Ketua peneliti, Peter Elwood, menyampaikan bahwa melakukan satu kebiasaan sehat pun sudah cukup efektif untuk mengurangi risiko kanker.

"Gratis, tidak menimbulkan efek samping dan lebih baik dari mengonsumsi obat (diet)," ujar Peter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com