Kompas.com - 09/01/2018, 20:00 WIB
Ilustrasi gossip beer5020Ilustrasi gossip
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Entah Anda memergoki sahabat dekat Anda sedang bersama pria lain yang bukan pasangannya atau ia secara jujur mengungkapkan perselingkuhannya, Anda berada dalam dilema untuk mengungkapkannya dengan pasangannya atau diam saja.

Bila sahabat Anda bercerita tentang perselingkuhannya kepada Anda, itu berarti Anda adalah orang yang ia percaya. Tentu Anda tak ingin kehilangan persahabatan hanya karena membocorkan rahasia itu kepada suaminya.

Di lain pihak, Anda tahu apa yang ia lakukan salah dan jika Anda menutup mata, maka secara tidak langsung Anda membiarkan pernikahannya berada dalam jurang kehancuran.

Menurut pakar hubungan John Gray, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut. Ada banyak faktor yang memengaruhi langkah yang harus Anda ambil.

"Tidak semua hal yang kita ketahui perlu dibagi dengan orang lain, apalagi yang sifatnya rahasia. Seberapa dekat hubungan Anda dengan pasangan sahabat juga berpengaruh. Jika tak terlalu dekat, mungkin ia juga tak berharap Anda berbagi rahasia dengannya, tapi tak menyampaikan fakta juga hal lain," kata Gray.

Pertimbangkan juga konsekuensinya jika Anda mengungkapkan rahasia tersebut. Hubungan persahabatan Anda akan rusak dan mungkin Anda akan terlibat dalam konflik orang lain.

"Tapi, Anda juga harus mendorong sahabat Anda untuk menceritakan faktanya atau menyudahi perselingkuhannya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, apalagi jika Anda diminta untuk menutupi fakta-faktanya, sampaikan pada sahabat perasaan Anda.

Kita tak pernah tahu "rahasia dapur" rumah tangga orang lain. Mungkin selama ini pernikahan sahabat Anda memang sudah bermasalah atau suami sahabat mungkin sudah mencurigai perselingkuhan pasangannya. Kelak, jika suami sahabat Anda bertanya kepada Anda, katakan saja yang sejujurnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Your Tango
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.