Kompas.com - 10/01/2018, 11:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Dalam sehari, waktu yang kita habiskan untuk mengkonsumsi media mungkin lebih dari 3 jam. Mulai dari mengakses media sosial, chat messanger App untuk mengatur jadwal kerja, hingga membaca berita politik yang bisa bikin kepala pening.

Hal-hal itu bisa membuat pikiran kita menjadi lelah dan stres. Itu sebabnya banyak orang tertarik melahirkan pikiran sehat, daripada menyehatkan diri secara fisik, agar hidup kita lebih tenang dan bahagia.

Studi yang dilakukan Bidvine kepada lebih dari 1.500 warga Inggris, sepertiganya menyatakan ingin memperbaiki kesehatan mental mereka di 2018 ini. Hanya seperlimanya yang mengungkapkan lebih ingin menurunkan berat badan di 2018.

Melahirkan pikiran sehat bisa jadi satu resolusi tahun baru yang kita wujudkan. Walau sudah masuk minggu kedua di tahun 2018, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk belajar mengistirahatkan pikiran dan memiliki kondisi mental yang sehat. Coba ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

1. Tidur cukup

Penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi adanya wabah kekurangan tidur yang dialami sedikitnya dua pertiga orang dewasa di negara berkembang. Orang modern rata-rata tidur kurang dari 8 jam setiap malam, kurang dari rekomendasi para ahli.

Kurang tidur bisa membawa gangguan mood jangka panjang, seperti gelisah dan depresi. Puncaknya, bisa berdampak pada kesehatan fisik.

Pakar Neurologi, Profesor Matthew Walker dalam buku "Why We Sleep" menjelaskan bahwa banyak orang tidak menyadari kalau gangguan fisik yang dialami sebenarnya gara-gara kurang tidur.

2. Jangan terlalu banyak khawatir

Jangan terlalu banyak mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi. Dalam buku "The Worry Cure" yang ditulis oleh Dr Robert L. Leahy, diungkapkan bahwa 85 persen hal yang kita khawatirkan, justru tak pernah benar-benar terjadi. Padahal, stres kronis terkait dengan depresi berat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber elle.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.