Kompas.com - 10/01/2018, 14:41 WIB
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Sama dengan perempuan, laki-laki juga membutuhkan rutinitas perawatan kulit. Namun, bedanya perawatan kulit pria tak selalu harus berhubungan dengan produk skin care karena kebutuhannya pun berbeda.

Laki-laki memiliki bulu atau rambut di daerah wajah, dan produksi minyak pada laki-laki juga lebih besar dibanding perempuan. Sehingga, perawatan kulit pria penting dilakukan untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat.

Kolagen pada laki-laki juga lebih banyak dibandingkan perempuan. Inilah kenapa justru kulit perempuanlah yang lebih cepat keriput dibanding kulit laki-laki.

Namun, ini bukan berarti lelaki jadi tidak perlu menggunakan produk pelindung sinar ultraviolet penyebab penuaan pada kulit.

Berikut ini beberapa tips perawatan kulit yang penting untuk dilakukan pria:

1. Gunakan air hangat sebelum dan setelah bercukur

Bintik merah yang muncul setelah kita mencukur jenggot atau kumis adalah tanda iritasi pada folikel rambut. Membasuhnya dengan air hangat dapat membantu menguranginya.

Selain itu, membasuh wajah dengan air hangat sebelum bercukur juga bisa membuat kulit lembap, sehingga mempermudah dalam bercukur. Kita juga dapat menggunakan krim cukur untuk hasil yang lebih baik.

Baca juga : Kesalahan yang Dilakukan Pria Saat Bercukur

2. Cukur sesuai arah tumbuh bulu

Saat ini semakin banyak produk yang menawarkan pisau cukur dengan jumlah mata pisau yang lebih dari satu. Padahal, jenis pisau atau silet yang digunakan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Yang lebih penting adalah cara mencukurnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.