Kompas.com - 10/01/2018, 19:17 WIB
Creative Director IKAT Indonesia, Didiet Maulana saat menghadiri peluncuran situs krowd.id di Menara Kibar, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraCreative Director IKAT Indonesia, Didiet Maulana saat menghadiri peluncuran situs krowd.id di Menara Kibar, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Kain tenun tradisional Sumba memiliki desain dan proses pengerjaan yang unik. Tak jarang karena keindahannya, banyak orang berburu kain tersebut sebagai koleksi maupun untuk dipakai.

Tapi, banyak pula yang bingung dengan cara memakainya dan bagaimana memadukan kain Sumba tersebut dengan pakaian sehari-hari.

Desainer sekaligus Creative Director IKAT Indonesia, Didiet Maulana berbagi tipsnya. Belum lama, ia juga berkolaborasi dengan sejumlah pelaku industri kreatif membuat situs bhumisumba.com.

Menurutnya, kain Sumba selama ini memang lebih banyak dioptimalisasikan sebagai sarung untuk bawahan karena tekstur dan beratnya.

Untuk pakaian santai, hal yang bisa dieksplorasi adalah memadukannya dengan atasan yang kasual.

"Untuk santai dia bisa dilipat agak pendek dan atasannya, misalnya seperti Mbak Andien (penyanyi) dengan kaos kemudian dikasih kalung," kata Didiet saat ditemui seusai menghadiri peluncuran situs krowd.id di Menara Kibar, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Baca juga : Tenun Sumba, Kain yang Memberi Hidup

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Didiet menambahkan, kain Sumba sangatlah beragam. Bentuknya pun tak melulu berupa selendang besar, tapi banyak pula yang kecil dan berbentuk seperti syal.

Dengan ukuran yang lebih kecil, kain Sumba berbentuk syal tersebut lebih mudah dipadankan. Ia mencontohkan kain berukuran 100x80cm.

Jika ingin dibuat menjadi pakaian yang lebih kreatif, kain Sumba bisa disambung dengan jenis kain lain seperti kain sifon, katun dan lainnya. Terlebih jika kain Sumba itu teksturnya tipis.

Kain Sumba yang disambung dengan kain lain tersebut kemudian bisa dijadikan outwear, jaket dan lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.