Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harus Seberapa Sering Bercinta Supaya Bisa Langsing?

Kompas.com - 10/01/2018, 21:03 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan olahraga. Namun jika kamu termasuk orang yang malas berolahraga, kenapa tidak mencoba berhubungan seks saja?

Ya! Tak banyak yang tahu bahwa ternyata seks termasuk jenis olahraga yang cukup membakar kalori. Harus seberapa sering seks untuk menurunkan berat badan? Posisi seks apa saja yang ampuh bikin langsing? Simak info lengkapnya tentang olahraga ranjang ini.

Seks sendiri terbilang sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak energi. Tubuh akan membakar kalori dari simpanan karbohidrat. Semakin banyak kalori yang terbakar, makin cepat pula metabolisme tubuh bekerja untuk membakar timbunan lemak.

Selain mempercepat metabolisme tubuh, berhubungan seks juga bisa melatih kebugaran. Ketika bercinta, berbagai kelompok otot pada tubuh akan bekerja. Biasanya otot-otot yang bekerja saat berhubungan seks adalah otot lengan, abdomen, hamstring, bokong, dan betis.

Melatih otot-otot tersebut bisa membentuk dan menambah massa otot tubuh seperti berolahraga di gym. Jika dibandingkan dengan lemak tubuh, massa otot yang bertambah berpotensi membakar lebih banyak kalori, bahkan ketika otot-otot tersebut sedang tidak bekerja.

Terlebih, seks termasuk jenis olahraga kardio yang dapat meningkatkan detak jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel untuk membakar lemak lebih banyak selama “olahraga” dan saat istirahat.

Baca juga : Inilah Olahraga yang Membakar Kalori Terbanyak

Lantas, berapa banyak kalori yang terbakar lewat seks?

Jumlah kalori yang terbakar lewat seks tergantung dari banyak faktor. Misalnya saja, seberapa lama kamu bercinta dan apa saja yang dilakukan bersama pasangan saat bercinta. Berciuman saja sudah mampu membakar 2-6 kalori per menitnya. Jadi, semakin lama kamu mencium pasangan, akan semakin banyak kalori yang terbakar.

Saling bercumbu atau foreplay selama satu jam bisa membakar kira-kira 58 sampai 80 kalori. Angka ini setara dengan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer atau berolahraga selama 23 menit. Sesi bercumbu mesra selama satu jam ini juga bisa membakar kalori dari setengah kaleng minuman soda yang kamu konsumsi.

Sementara itu, berhubungan seks membakar sekitar 100-140 kalori jika dilakukan selama 45 menit. Ini sama seperti berlari sejauh dua kilometer atau berolahraga selama 40 menit. Seks itu sendiri bisa berlangsung mulai dari dua menit hingga lebih dari satu jam.

Seorang ahli seksologi dari Amerika Serikat, Jaiya Kinzbach juga mengungkapkan bahwa desahan dan tarikan napas yang dalam selama berhubungan seks akan membantu membakar sebanyak 18 sampai 30 kalori.

Baca juga : Bercinta Usai Olahraga Bisa Jadi Istimewa, Apa Sebabnya?

Harus seberapa sering berhubungan seks untuk menurunkan berat badan?

Menurut para ahli, tidak ada patokan angka untuk memastikan berapa kali berhubungan seks yang bisa menurunkan berat badan. Ini karena seks tidak benar-benar ampuh untuk bikin kurus, melainkan hanya membakar kalori.

Meski memang kalori yang dibakar lewat seks termasuk banyak, ternyata hal ini tidak begitu memengaruhi angka di timbangan.

Namun dokter pakar penurunan berat badan di New York, Howard Shapiro, mengatakan bahwa seseorang yang kehidupan seksualnya baik, maka stres yang ia alami akan berkurang sehingga nafsu makan pun menurun dan tidak sebesar ketika ia mengalami stres tinggi.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com