Kompas.com - 11/01/2018, 11:13 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mayoritas wanita berdandan setiap hari, entah itu hanya memakai lipstik tipis, maskara, atau lengkap dengan membuat counturing agar pipi lebih tirus.

Kehadiran tutorial memakai make up di Youtube atau mengikuti tips di Instagram sedikit banyak membantu kita cara berdandan untuk menonjolkan kelebihan wajah. Walau begitu, tanpa disadari ada kesalahan-kesalahan berdandan yang kita lakukan.

Menurut sebagian besar make up artist (MUA) yang diwawancara di situs womenhealth, kesalahan tersering yang dilakukan wanita saat berdandan adalah pakai make up terlalu tebal.

"Kesalahan yang sering saya temui adalah memakai terlalu banyak make up," kata Derek Selby, MUA dan ambassador global untuk produk Cover FX.

Berikut adalah beberapa kesalahan lain dalam berdandan yang perlu kita hindari.

1. Terlalu banyak concealer
"Concealer seharusnya hanya dipakai untuk mengoreksi kulit, bukan untuk dipakai di bagian segitiga wajah dan semua bawah mata. Hal itu akan membuat wajah terlihat cakey dan cepat tidak rata warna kulitnya, kecuali Anda berada di bawah cahaya yang terang," kata Matin Maulawizada, MUA selebriti.

2. Warna wajah dan leher tidak sama
"Tak ada yang lebih buruk dari melihat garis batas make up di sekitar wajah dan warna yang tidak rata antara wajah dan leher," kata Ami Mallon, global corporate educator dari Osmosis Colour.

Ia menyarankan agar foundation hanya dipakai di bagian yang diperlukan saja dan dibaurkan secara rata. Jika kita memakai foundation di wajah, bagian leher sampai agak ke dada juga harus sama warnanya.

Ilustrasipexels Ilustrasi

3. Terlalu banyak blush-on
Cara paling mudah untuk mengatasi blush-on yang terlalu tebal adalah dengan menyamarkannya memakai kuas foundation. Akan lebih baik jika masih ada residu foundation sebelumnya. Baurkan secara perlahan agar warnanya tidak mencolok dengan warna kulit.

4. Tidak menyiapkan kulit bibir
Memakai lipstik mate dengan warna yang pigmented tanpa menyiapkan kondisi kulit bibir adalah kesalahan. Selain bibir akan kering, penampilan kulit bibir juga akan pecah-pecah setelah beberapa waktu. "Gunakan scrub bibir berkala dan pakai lip balm yang mengandung pelembab kuat sebelum memakai lipstik,' kata Maulawizada.

5. Eyeliner tebal
"Memakai eyeliner tebal di sekeliling mata akan membuat mata terlihat lelah atau berat. Untuk bagian bawah mata buatlah garis tipis agar tidak terlihat gelap," kata Alejandro Falcon, direktur artistik untuk Osmosis Colour.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.