Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Bergaji Besar Lebih Menarik di Mata Perempuan?

Kompas.com - 11/01/2018, 11:22 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Hari-hari ini para Pegawai Negeri Sipil berharap-harap cemas soal skema penggajian baru tahun 2018. Semua berharap mendapat gaji lebih besar. Hal itu tentu ada sebabnya, terutama bagi para pria.

Pasalnya, ada satu poin yang menjadi pertimbangan penting bagi perempuan untuk menilai pria yang akan menjadi pasangannya: gaji!

Menurut studi, perempuan empat kali lebih sensitif terhadap gaji saat menilai calon pasangannya dibanding pria. Artinya, gaji menjadi pertimbangan yang penting.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Evolution and Human Behavior ini dilakukan lewat tes sederhana. Setiap peserta disajikan foto pria dan wanita, kemudian di sampingnya dicantumkan informasi gaji tahunan.

Hasilnya sudah dapat diduga. Pria dengan gaji lebih besar dinilai lebih menarik di mata wanita.

"Seorang pria dapat membuat posisinya dua poin lebih tinggi pada skala daya tarik yang kami gunakan jika gajinya meningkat hingga 10 kali lipat," katanya.

Baca juga : Otot dan Uang, Dua Hal yang Membuat Pria Lebih Diinginkan Wanita

Sementara itu, bagi perempuan, untuk mencapai efek serupa, maka gajinya perlu meningkat 10.000 kali. Artinya para lelaki tidak terlalu mengaitkan gaji dengan daya tarik seseorang dibanding perempuan.

Ada alasan sendiri di balik temuan ini, salah satunya perempuan memiliki perhatian besar terhadap masa depan keluarga--termasuk anak-anak yang akan dimiliki. Sementara itu pria kurang peduli gaji perempuan dan lebih mempertimbangkan penampilan pasangannya.

Oleh karena itu, Speakman menyarankan pada pria untuk terbuka secara keuangan bila ingin membuat perempuan tertarik.

"Temuan ini menjelaskan penelitan sebelumnya yang mengungkapkan bahwa pria mengeluarkan uang lebih banyak untuk menyumbang saat berada di depan perempuan dibanding pria lain," katanya.

Adapun studi ini dianggap sebagai temuan yang signifikan karena ini studi pertama yang membandingkan gaji pria dengan perempuan terkait persoalan daya tarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com