Kompas.com - 12/01/2018, 09:16 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan kecantikan untuk mengoreksi kekurangan wajah kini semakin canggih. Sebelum berbagai masalah wajah muncul, sebenarnya kita bisa melakukan pencegahan dengan perawatan sehari-hari. Praktis dan murah.

Menurut ahli perawatan estetika, dr Lanny Juniarti, umumnya pasien datang ke klinik perawatan estetika untuk mengkoreksi problem kecantikan seperti jerawat, pori-pori kulit besar, flek, keriput, hingga kendur.

Semua masalah tersebut pada dasarnya bisa dicegah sejak muda.  "Kalau untuk usia muda kami lebih mengedukasi mereka untuk  mencegah supaya tidak muncul problem," kata Lanny pada acara Aesthetic Outlook 2018 di Plaza Sentral, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018).

Setidaknya, ada dua perawatan kulit yang harus dilakukan sedini mungkin, yakni membersihkan wajah secara rutin dan perlindungan dari sinar matahari berupa pemakaian sunscreen.

Selelah apa pun kita, membersihkan wajah setelah beraktivitas adalah hal yang wajib. Menurut Lanny, wajah harus dibersihkan dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Terlebih jika sehari-hari kita memakai make up.

Jika memakai make up yang cukup berat, wajah harus dibersihkan dulu menggunakan make up removersebelum dicuci dengan sabun muka. "Yang paling gampan pilihlah produk pembersih yang cocok dengan jenis kulitnya," tuturnya.

Namun, untuk sehari-hari, Lanny menilai sabun muka sudah cukup untuk membersihkan wajar. Sebab kaum milenial kadang tak mau repot.

"Mereka orang-orang yang praktis. Dikasih produk banyak-banyak juga mereka enggak mau pakai. Malah jadi enggak rutin," kata Lanny.

Sementara itu tabir surya juga perlu digunakan secara rutin oleh mereka yang banyak melakukan kegiatan di luar ruangan. Pemilihan jenisnya juga disesuaikan dengan kegiatannya.

"Kalau untuk sport enggak cukup satu. Harus yang water resistant supaya kalau aktif olahraga, berkeringat, berenang, tidak luntur," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.