4 Kebiasaan Buruk yang Bikin "Cepet" Tua

Kompas.com - 12/01/2018, 14:00 WIB
. VIA lobster.shortlist.com.
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Proses penuaan memang sebuah keniscayaan yang tak bisa dihindari. Namun, manusia masih bisa berupaya memperlambat jalannya proses ini.

Kamu pasti berpikir, istirahat yang cukup, mengoleskan SPF untuk mencegah radiasi sinar UV, dan memakai krim malam sebelum tidur sudah cukup menghambat datangnya dampak penuaan.

Ternyata, keyakinan itu tak sepenuhnya benar. Ada beberapa kebiasaan di malam hari yang masih sering kita lakukan, dan nyatanya mempercepat datangnya efek penuaan.

Purvisha Patel, ahli dermatologi dan pendiri Visha Skincare, memmbocorkan beberapa kebiasaan malam hari yang justru mempercepat datangnya penuaan.

Inilah kebiasaan buruk tersebut.

1. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap memang sangat nyaman. Tapi menurut Patel, kebiasaan ini akan membuat mata menjadi sembab karena adanya gravitasi yang menarik cairan dalam wajah mengalir ke bawah dan menumpuk di bagian mata.

Seiring berjalannya waktu, ini bisa membuat kulit wajah menjadi kendur dan kehilangan kolagen.

Patel menyarankan agar kita tidur dengan posisi terlentang untuk mengurangi efek gravitasi ini.

Baca: Bakar Lemak dengan Banyak Tidur

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X